Standard Post

Puncak Harlah ke-25, PKB Istighotsah di Manahan Solo


PKBNEWS - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menggelar syukuran hari lahir (Harlah) ke-25 tahun di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Kegiatan yang juga ditujukan untuk mensyukuri 1 abad kelahiran Nahdlatul Ulama (NU) tersebut akan diisi dengan kegiatan shalawatan yang dipimpin Habib Zaidan bin Yahya.

“Puncak Harlah ke-25 akan dipusatkan di Stadion Manahan Solo. Rencananya akan digelar Hari Minggu (23/7/2023). Inti acaranya Istighotsah dan Salawatan sebagai upaya spiritual untuk memohon kepada Allah SWT agar Indonesia terus membaik dan membaik lagi di masa depan,” ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal, dalam konfrensi press yang digelar di Kantor DPP PKB, Kamis, (20/7/2023).

Cucun menjelaskan kegiatan ini akan dihadiri oleh sekitar 50 ribu kader dan simpatisan PKB dari seluruh Indonesia. Sejumlah kiai khos NU juga bakal mengikuti kegiatan tersebut. “Kami secara khusus mengundang para kiai khos yang selama ini istiqomah mendidik kader bangsa dan mendoakan secara sungguh-sungguh bagi kedamaian dan kesejahteraan bangsa,” katanya.

Dia mengungkapkan perayaan harlah PKB tahun ini cukup istimewa karena partai yang dibidani para kiai tersebut genap berusia seperempat abad. Menurutnya usia 25 tahun merupakan usia cukup matang untuk mengapai babak baru perjalanan PKB dalam mengabdi untuk umat dan bangsa.

“Selama 25 tahun terakhir PKB cukup mewarnai perjalanan Indonesia sebagai bangsa. Banyak jejak perjuangan PKB yang melahirkan hal monumental seperti menginisiasi alokasi 20% APBN untuk pendidikan menjadi bagian dari konstitusi, menginisiasi UU Pesantren, hingga mengawal lahirnya kebijakan dana abadi untuk pesantren,” katanya.

Kegiatan ini, kata Cucun juga mengundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu juga diundang sejumlah ketua umum partai di antaranya Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. “Sejauh ini dari komunikasi ke protokoler Istana, Presiden Jokowi siap untuk menghadiri kegiatan tersebut,” katanya.

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar, kata Cucun juga akan menyampaikan pidato politik dalam Puncak Harlah. Menurutnya pidato politik ini akan berisi tentang Aksi Melayani Indonesia yang dilakukan oleh PKB selama 25 tahun terakhir.

“Apakah nanti akan menyinggung arah politik PKB dalam Pemilu 2024?, nah itu yang akan kita tunggu bersama detail pidatonya,” pungkasnya.