Standard Post

Survei SSC: PKB dan PDIP Teratas di Jawa Timur


PKBNEWS - LEMBAGA survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya terhadap pemilih partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, PDI Perjuangan memimpin persentase dengan 24,2 persen.

Di posisi kedua adalah PKB dengan 21,2 persen. "PDI P dan PKB bersaing di puncak dengan selisih yang masih berada di bawah margin of error," kata peneliti SSC, Surokim Abdussalam saat merilis hasil survei SSC, Rabu (9/1/2019).

Menurut Direktur SSC, Mochtar W Oetomo bahwa di antara penyebab masih besarnya dukungan kedua partai tersebut disebabkan masih adanya pemilih tradisional yang kemungkinan besar tak berpindah partai. Belum lagi dengan adanya efek ikutan pemilihan presiden (coattail effect).

Di antaranya, PDI Perjuangan dengan figur Joko Widodo, serta PKB dengan KH Ma`ruf Amin.

"Khususnya bagi PKB yang juga diuntungkan dengan persamaan nomor urut antara nomor partai dengan nomor pasangan capres Jokowi-Ma`ruf Amin," ujar Mochtar.

Hal ini pula yang membuat Partai Gerindra dengan figur kuatnya Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengekor di urutan ketiga.

Tugas besar justru menjadi tanggungjawab partai koalisi pengusung kedua paslon tersebut. Mereka disinyalir akan bersaing ketat di papan tengah dengan selisih yang tidak berbeda jauh.

Demokrat dan Golkar cenderung lebih diunggulkan mendapat prosentase lebih besar dibanding partai menengah lainnya dengan masing-masing memperoleh 8,6 persen dan 5,8 persen.

Namun, tidak demikian dengan PAN, PPP, NasDem, hingga PKS yang masing-masing partai mendapat persentase di kisaran tiga persen.

"Partai menengah kurang begitu mendapat coattail effect dari pilpres. Hal ini diperparah dengan tak adanya figur kuat di partai. Sehingga, mereka harus kerja keras untuk bisa merebut hati pemilih sembari memenangkan pilpres," kata Mochtar.

Demikian pula dengan partai baru yang disinyalir akan sulit mendapat dukungan di Jatim. Bahkan partai "lama" seperti PBB dan PKPI pun hanya mendapat persentase di bawah satu persen pada survei tersebut.

Survei SSC dilakukan pada 10-20 Desember 2018 dengan responden mencapai 1070 dari seluruh Jawa Timur. Tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dangan margin of error sebesar 3 persen.