Standard Post

Gus AMI: Kita Kehilangan Habibie, Tokoh Genius dan Pemimpin Mengayomi


PRESIDEN ketiga Republik Indonesia (RI), Pof. Dr. H. Bacharuddin Jusuf Habibie telah berpulang ke Rahmatullah, Rabu (9/11/2019) Pukul 18.05 WIB, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dr. HA. Muhaimin Iskandar menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya BJ Habibie dalam usia 83 tahun.

"Innaa lillahi wa innaa ilaiihi Rooji`uun. Sore tadi, bertepatan dengan berkumandang azan Maghrib, telah berpulang ke Rahmatullah, Presiden ketiga Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Bacharuddin Jusuf Habibie. Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Bapak Habibie. Semoga Husnul Khotimah," kata Muhaimin Iskandar di Jakarta, Rabu (9/11/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Gus AMI ini, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia kehilangan seorang ilmuwan, teknolog, cendekiawan dan negarawan yang disegani di dunia internasional.

"Kita sangat kehilangan sosok anak bangsa yang genius, sosok pemimpin yang mengayomi," kata Gus Ami.

Gus AMI pun mengimbau seluruh kader PKB untuk mengirimkan doa dan surat Alfatihah buat BJ Habibie.

"Saya minta semua kader PKB untuk berkirim doa dan surat Alfatihah, khususon ila BJ Habibie. Semoaga amal ibadah beliau diterima di sisi Alloh SWT ... Amiin," kata Gus AMI.

Tentu saja, kata Gus AMI, Indonesia sangat kehilangan seorang tokoh bangsa yang memiliki pribadi yang luar biasa. Seorang yang sangat komplit, Pak Habibie itu ilmuwan, teknolog, cendekiawan, negarawan dan diterima di berbagai kalangan.

Gus AMI mengatakan, Habibie adalah pribadi yang sangat akrab dikenal diberbagai kalangan. Tidak saja di dalam negeri, tapi Habibie pun sangat akrab di luar negeri, terutama di dunia penerbangan dan kedirgantaraan.

"Karya-karya Pak Habibie di industri penerbangan dan pesawat terbang komersial adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa dan negara Indonesia. Pak Habibie adalah tokoh yang berpengaruh di dunia pesawat terbang Indonesia dan bahkan dunia. Karya-karyanya sangat berpengaruh di dunia dirgantara Indonesia dan dunia," kata Gus AMI.

Selain itu, menurut Gus AMI, Habibie adalah salah seorang tokoh berpengaruh di Indonesia dan dikenal di dunia internasional. "Pak Habibie adalah seorang humanis yang memiliki perhatian besar terhadap masyarakat, tidak saja terkait bidang keilmuan tapi juga bidang kemanusiaan. Beliau sangat concern dengan dunia ilmu dan kemanusiaan yang sangat sabar dan telaten, pekerja keras dan patut menjadi contoh bagi kita semua," tandas Gus AMI.

Meski telah wafat, Gus AMI menilai seluruh anak bangsa harus menjadikan BJ Habiebie sebagai teladan dan contoh bagaimana harus berprilaku, serta selalu tekun dalam menuntut ilmu.

Kata Gus Ami, walaupun lama tinggal di Jerman, BJ Habibie tetap memegang adat istiadat, tradisi, dan etika budaya Indonesia. Juga sangat peduli terhadap nama baik bangsa Indonesia di mata dunia.

"Kepribadian, kesederhanaan, dan kegeniusan Almarhum BJ Habibie ini harus dijadikan teladan bagi anak-anak bangsa, khusuanya bagi para muda di era milienial ini. Bj Habibie adalah penyayang keluarga," tandas Gus AMI.