Standard Post

PKB Serahkan Keputusan Calon Menteri Pada Cak Imin


PKBNews - WAKIL Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyerahkan sepenuhnya pemilihan nama calon menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma`ruf Amin kepada Ketua Umum (Ketum) DPP PKB H Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Kami percayakan semua pemilihan nama kader untuk diserahkan ke Pak Jokowi kepada Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar," katanya, kemarin.

Sebelumnya, kata Daniel, Cak Imin sudah menyebut nama Ida Fauziyah yang layak menjadi menteri. Namun, Daniel yakin selain Ida Fauziyah masih banyak kader PKB yang juga layak masuk dalam kabinet Jokowi.

"Pada akhirnya kami serahkan, percayakan sepenuhnya pada Cak Imin untuk komposisi masalah kabinet," tuturnya.

Daniel menuturkan, pelantikan presiden masih lama, yakni 20 Oktober 2019. Namun, ujar dia, proses komunikasi kemungkinan akan dilakukan pasca-pengumuman resmi hasil rekapitulasi dan penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada 22 Mei 2019.

"Kan masih lama pelantikan presiden 20 Oktober. Jadi, mungkin setelah 22 Mei, proses komunikasi masih berlangsung," ucapnya.

Menurut Daniel, berdasar informasi yang didengarnya ada empat hingga lima kursi untuk PKB. Hanya saja, legislator dapil Kalbar itu mengaku tidak tahu angka pastinya. Termasuk di pos kementerian mana yang akan ditempatkan. Dia mengatakan, yang tahu adalah ketua umum yang berkomunikasi dengan presiden.

"Yang saya tahu, yang saya paham mungkin ada beberapa kementerian strategis lainnya yang mungkin akan disampaikan kepada Pak Presiden," tandasnya.