Standard Post

Cak Imin Ingatkan Masyarakat Merawat Parpol sebagai Pilar Demokrasi


PKBNews - WAKIL Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), H. Abdul Muhaimin Iskandar mengajak masyarakat untuk istiqomah merawat demokrasi termasuk partai politik.

Demikian diungkapkan Cak Imin disela penyampaian orasi dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Kuta, Bali, Selasa (26/3/2019).

“Perlunya kita merawat demokrasi, sekaligus merawat pelaku-pelaku demokrasi salah satunya partai politk,” ujar Cak Imin.

Cak Imin yang juga Ketum DPP PKB itu mengatakan bahwa partai politik merupakan salah satu perangkat domokrasi yang harus dirawat dan dijaga.

“Partai politik ini, menjadi harus terus didewasakan, menjadi kekuatan pilar organisasi yang selama ini tumbuh di masyarakat maka terekspresikan di dunia politik melalui partai politik,” kata Cak Imin.

“Gak ada demokrasi yang bener dan pasti anarki, kalau tidak melalui partai politik. Partai politik juga mempertegas alamat demokrasinya,” tegasnya.

Cak Imin menambahkan bahwa ada tiga hal, parpol yang mempetegas demokrasinya yakni tujuan dari idiologi partai, basis konsituen atau pendukung paling kuat dimana, dan kemampuan parpol kepengurusan serta pengkaderan yang menyesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan.