Standard Post

Pemerintah Bangun 20 Kota Terpadu Mandiri


PKBNews - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengklaim dalam empat tahun terakhir telah berhasil membangun sebanyak 20 Kota Terpadu Mandiri (KTM) di kawasan transmigrasi. KTM inilah yang akan menjadi embrio kota kecil/kecamatan di kawasan transmigrasi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, KTM di kawasan transmigrasi memiliki potensi ekonomi yang besar. Untuk itu, Menteri Eko ingin mendorong kawasan transmigrasi menjadi pusat ekonomi baru di daerah perbatasan.

"Di sana (perbatasan) akan banyak peluang. Pengembangan transmigrasi tidak hanya di bidang pertanian saja, bisa juga transmigrasi pariwisata. Karena ternyata desa pariwisata tumbuhnya cepat. Seperti di Kepri (Kepulauan Riau) yang cocok di Pariwisata," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Selain desa, kata Menteri Eko yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, pihaknya juga akan mendorong program transmigrasi menjadi prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mendatang. Menurutnya, Pengembangan Kota Terpadu Mandiri berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan transmigrasi hingga 2-3 kali lipat.

"KTM harus benar-benar diseriusi agar menjadi model yang dikagumi. Karena ini potensi ekonominya cukup besar. Prioritas KTM harus jadi lebih banyak lagi," tandas Menteri Eko.

TERKAIT

    -