Standard Post

Menaker Hanif: MRT Jadi Budaya Baru Warga Jakarta


PKBNews - MENTERI Ketenagakerjaan HM Hanif Dhakiri menegaskan bahwa penggunaan moda transportasi MRT dapat menurunkan stres bagi para pekerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

"Pasti dari sisi tekanan di jalanan akan berkurang, tidak macet, lebih nyaman dan tepat waktu, sehingga stres yang dialami akan berkurang," kata Menaker Hanif Dhakiri di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Tidak hanya itu, moda transportasi MRT yang digadang-gadang membawa budaya baru juga akan membantu memperkuat karakter warga Jakarta.

"Dari riset, pekerja kita punya tiga kekurangan, yaitu karakter, bahasa dan komputer. Nah, kalau penggunaan MRT ini dapat membantu penguatan karakter," kata dia. Dia mengatakan pada masa yang akan datang maka Indonesia butuh masyarakat lebih disiplin, lebih tepat waktu dan lebih semangat.

Menteri Hanif yang juga Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahwa dari sisi lapangan kerja, proyek MRT juga akan menciptakan efek yang besar. Sejak awal proyek MRT berjalan, telah menyerap 10 ribu tenaga kerja.

"Efek adanya MRT juga sangat positif dengan terciptanya lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan kantong-kantong ekonomi di sekitar area yang dilalui jalur MRT," ujar Menteri Hanif.

Mengenai lapangan kerja baru yang tercipta setelah adanya MRT, Menteri Hanif mengaku belum menghitungnya secara terperinci.

Kendati demikian, setelah MRT nanti beroperasi, diperkirakan menyerap lebih 500 orang tenaga kerja. Untuk vendor supplier jasa keamanan dan kebersihan bisa lebih dari 1.000 orang.

TERKAIT

    -