Standard Post

Prioritaskan Atlet Junior di Pelatnas Sea Games 2019


PKBNEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, kembali mengimbau kepada seluruh cabang olahraga (cabor) untuk memberi kesempatan bagi atlet junior masuk pelatnas yang dipersiapkan jelang SEA Games 2019.

Kemenpora sebagai penyalur dana pelatnas, sebelumnya telah membuat kebijakan kuota persentase atlet yang dikirim tiap cabornya, 40 persen senior, 60 persen junior.

"Sekarang kami fokus bagaimana pembinaan usia dini di pelatnas-pelatnas itu harus mendapat prioritas dari anggaran yang dikucurkan pemerintah kepada cabor karena kami ingin SEA Games, 60 persen ke atlet junior," kata Menpora HM Imam Nahrawi di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Tidak hanya pelatnas, setiap cabor juga diharapkan menpora dapat membuat program jangka panjang yang akan berguna bagi atlet junior.

"Itu artinya pelatnas harus memberi kesempatan pada atlet junior supaya mereka punya pengalaman lebih dan panjang sekaligus bertanding dengan teman-temannya di Asia," kata Menteri Imam.

Hal ini dilakukan agar tidak monoton. "Jadi tidak monoton sekadar melakukan pelatnas tapi betul-betul menyiapkan konsep jangka panjang untuk memberi fasilitas kepada junior," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sementara itu, mengenai dana pelatnas yang belum diberikan dari Kemenpora ke setiap cabor, menurut Menpora hal tersebut bisa diberikan cepat apabila setiap cabor dapat menyelesaikan persyaratan.

"Yang penting dari cabor sudah selesai belum? Karena harus diverifikasi. Jika selesai maka bisa cepat (cair). Toh, kami membuka diri setiap saat kalau ada hal-hal teknis yang perlu dipertanyakan tentang kesesuaian petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pasti kami lakukan itu," tandas Menteri Imam.

TERKAIT

    -