Standard Post

Menristekdikti: PT Harus Lahirkan Sarjana Berkualitas


PKBNEWS - PERGURUAN Tinggi (PT) di Indonesia harus mengubah pola pandangnya untuk melahirkan lulusan atau sarjana yang berkualitas. Pasalnya, ke depan lapangan kerja semakin sempit sehingga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing.

“Pengelola perguruan tinggi harus bisa melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang betul-betul siap bersaing ditengah sempitnya lapangan kerja. Jangan sampai perguruan tinggi hanya melahirkan lulusan yang jadi pengangguran,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Sumenep, Senin (10/12/2018).

Menteri Nasir mengatakan, jika Perguruan Tinggi tidak mampu melahirkan sarjana yang kompenen dan dapat bersaing di masyarakat, maka sama halnya Perguruan Tinggi itu hanya mencetak penambahan pengangguran. Untuk itu, peran Perguruan Tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan sangat diharapkan.

“Maka dari itu, mahasiswa tidak cukup hanya memiliki ijazah, tapi harus mendapat sertifikat kompetensi atau kemampuan diri dibidang tertentu,” ujar Menteri Nasir.

Dalam kesempatan itu, Menteri Nasir juga meminta jangan sampai perguruan tinggi hanya melahirkan lulusan pengangguran. Pasalnya, saat ini persaingan kerja ketat, sehingga PT harus mulai berpikir SDM yang dibutuhkan saat ini.

“Perguruan tinggi harus bisa melahirkan sumber daya manusia yang betul-betul dibutuhkan di lapangan atau di tengah-tengah masyarakat. Jangan sampai perguruan tinggi melahirkan lulusan yang jadi pengangguran,” ucapnya.

Mantan Rektor Universitas Diponegoro ini mengungkapkan, perguruan tinggi hanya akan menambah jumlah lulusan pengangguran jika tidak mengubah sudut pandang, dari sekedar meluluskan mahasiswa ke mencentak SDM yang memiliki kompetensi.

“Oleh karena itu, apapun bidang studinya, ke depan lulusan perguruan tinggi tidak boleh hanya memiliki ijazah, tapi juga harus mendapat sertifikat kompetensi yang bisa digunakan oleh industri,” tandas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

TERKAIT

    -