Standard Post

Karakter Asli Prabowo Semakin Terlihat

PKBNews - KARAKTER asli Calon Presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto semakin terlihat jelas. Padahal, tim pemenangan Prabowo-Sandiaga Salahuddin Uno telah berusaha menutupi sedemikian rupa.

Karakter asli itu muncul sewaktu Prbowo marah-marah kepada media massa di Indonesia karena pemberitaan soal aksi Reuni 212 sepi.

"Saya mengatakan pelan-pelan kan akhirnya karakter Pak Prabowo itu muncul, karakter ingin mendikte media, karakter ingin mem-framing media," kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Lukman Edy, Kamis (6/12/2018).

Lukman berkata, karakter yang ditunjukan Prabowo adalah karakter pemimpin seperti 20-an tahun lalu. Yang dimaksudnya tentu era otoriter Orde Baru (Orba). Diapun mengingatkan Prabowo bahwa zaman sudah berubah.

"Dulu karakter seperti itu bisa dilakukan (di Orba), sekarang sudah tak bisa. Sekarang, media adalah salah satu pilar demokrasi," tegasnya.

Lukman Edy mengingatkan Prabowo harus paham bahwa media massa punya tanggung jawab menyampaikan fakta apa adanya. Tak mungkin media massa menutup mata dan telinga terhadap fakta di lapangan.

Bila kemudian framing yang hendak ditekankan pihak Prabowo tak bisa diterima pihak media massa, maka seharusnya tak boleh ada paksaan.

"Saya minta jangan memandang media ini dengan kaca mata subjektifitas. Biarkan media ini tumbuh dengan subjektifitasnya sendiri, dengan cara pandangnya sendiri. Karena ini tanggung jawab media untuk membangun demokrasi kita," tandasnya.