Standard Post

Program Dana Desa Jadi Model Pembangunan Negara Berkembang


PKBNEWS - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa program Dana Desa jadi contoh pembangunan di negara berkembang.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahwa selama empat tahun, melalui dana desa, telah mampu membangun hampir 1 juta unit sarana air bersih, lebih dari 158.000 Km jalan desa dan puluhan ribu PAUD Polindes.

"Pencapaian itu diapresiasi banyak negara di dunia dan lembaga dan bank dunia. Mereka jadikan model pembangunan di Indonesia ini sebagai contoh model pembangunan negara berkembang," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Menteri Eko mengatakan, pada tahun 2018-2019, pihaknya akan memfokuskan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa. Hal tersebut adalah salah satu mandat dari Presiden Joko Widodo.

"Atas saran Presiden dana desa akan lebih difokuskan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa. Sekarang sudah banyak contohnya, BUMDES bayar pajak lebih besar daripada dana desanya, sudah banyak. Nah tinggal dicopy dicloning ke desa-desa," ujar Menteri Eko.

Di sisi lain, kata Menteri eko, pihaknya tidak memberhentikan 100 persen program infrastruktur di desa-desa. Mendes menambahkan bahwa beberapa daerah masih melakukan program tersebut, salah satunya di Jawa bagian Selatan, serta Indonesia Timur.

"Tidak, jadi untuk desa-desa yang infrastruktur sudah cukup, mereka udah mulai move on ke program pemberdayaan masyarakat. Tapi untuk infrastruktur," tukasnya.

Selain itu, Menteri Eko menambahkan, model pendampingan akan melakukan perubahan bersama pemerintah. Dia menjelaskan yang akan diadakan 438 Kabupaten yang bertujuan untuk menggali inovasi masyarakat.

"Hasil inovasinya didokumentasikan tertulis maupun video sehingga bisa dishare diikuti desa lain di Indonesia," tandas Menteri Eko

TERKAIT

    -