Standard Post

Gus Imin Bedah Buku Mandatory Kesejahteraan, Konstitusi dan Mandat Negara di Unwahas


PKBNEWS - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri bedah buku miliknya berjudul Mandatory Kesejahteraan, Konstitusi dan Mandat Negara, di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang pada Kamis (6/6/2024).

"Saya bersyukur bisa bersama-sama civitas akademika Unwahas untuk bersama-sama berfikir tentang masa depan Indonesia. Karena pada dasarnya apakah kalian sebagai mahasiswa, apakah kalian sebagai warga bangsa, khususnya kita semua sebagai warga Islam dan juga Nahdliyin memiliki tanggung jawab yang tidak bisa dielakkan," kata Abdul Muhaimin Iskandar.

Gus Imin sapaan akrabnya mengungkapkan, buku Mandatory Kesejahteraan merupakan trilogi buku Kesejahteraan Rakyat yang ia tulis berdasarkan pengalaman, perenungan, juga kajian mendalam, "Buku ini merupakan trilogi dari buku Kesejahteraan Rakyat yang menjadi bagian dari perenungan sekaligus pengalaman selama saya memimpin DPR RI di bidang Kesra hasil dialog dan pertemuan saya dengan banyak kalangan," ungkap Gus Imin.

"Buku ini juga tidak lepas dari perjalanan kehidupan saya di mana misi saya pribadi sebagai politisi, sebagai kader NU, sebagai santri Ahlussunnah wal Jamaah yang merasakan betul apa yang terjadi dan berkembang di tengah masyarakat. Termasuk pengalaman saya di eksekutif maupun legislatif," sambungnya.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) mengingatkan seluruh mahasiswa Unwahas akan tanggung jawab besar yang mereka pikul. Menurutnya, mahasiswa bukan hanya punya peran memajukan diri sendiri, namun juga harus berkiprah mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Di dalam diri kita ada tanggung jawab terhadap diri kita sendiri maupun sebagai khalifah di muka bumi, ada juga tanggung jawab bagi kita untuk berkiprah dalam mewarnai kehidupan umat, masyarakat bangsa dan negara," tukas Gus Imin.

Sementara itu, Rektor Unwahas Semarang Prof. Dr. KH. Muzakir Ali mengaku bangga dan senang kampus yang ia pimpin dipercaya menyelenggarkan bedah buku karya Gus Imin.

"Hari ini Unwahas mendapat kehormatan dari negara, karena Wakil Ketua DPR RI rawuh ke Unwahas ini. Ini merupakan kehormatan pada Unwahas sehingga patut kita dorong dan syukuri mudah-mudahan ini membawa berkah dan menfaat bagi semuanya," kata Muzakir.

 Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. KH. Muzakir Ali, jajaran Rektorat, Dekan FAI Dr. H. Iman Fadhilah, M.SI, jajaran Dekanat, hingga ratusan mahasiswa.

Selain itu, mantan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Pengasuh Pondok Pesantren API Tegalrejo KH. Yusuf Chudlory, serta Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman.