Standard Post

Hari Laut Sedunia, Gus Imin Ingatkan Pentingnya Daulat Maritim


PKBNEWS – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik peringatan Hari Laut Sedunia yang jatuh hari ini.

Menurut Gus Imin, sapaan akrabnya, Hari Laut merupakan momentum yang didedikasikan khusus untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia, termasuk di Indonesia.

“Hari Laut ini momentum bagi kita untuk menyadari betapa besar anugerah yang terkandung didalamnya. Laut bukan saja menyimpan aneka ragam ikan yang bisa kita konsumsi, tetapi juga ada nilai intrinsik yang harus kita hargai dan kita jaga,” kata Gus Imin di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Gus Imin mengingatkan Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kedaulatan maritim yang harus dijaga demi kepentingan bangsa. Terlebih para pendahulu memperjuangkan kedaulatan maritim melalui diplomasi berlangsung bertahun-tahun.

“Kedaulatan maritim harus kita jaga, kita pertahankan sampai kapanpun. Jasa para pendiri bangsa memperjuangkan kedaulatan maritim tidak main-main, mereka berdiplomasi bertahun-tahun sampai akhirnya kita punya laut yang begitu luas dan indah,” tutur Gus Imin.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini optimistis Indonesia bisa menjadi negara yang kaya raya jika mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan maritim. Sebab itu, kesadaran bangsa akan pentingnya menjaga kedaulatan maritim harus terus dipupuk.

“Laut kita begitu kaya, dan seharusnya Indonesia ini bisa menjadi negara kaya dari laut dengan syarat jaga dan pertahankan kedaulatan maritim kita, tumbuhkan kesadaran bangsa bahwa menjaga kedaulatan maritim itu penting,” tukas Gus Imin.

TERKAIT

    -