Standard Post

Gus Muhaimin Bangga Cucun Syamsurijal Lulus Promosi Doktor di Unpad


PKBNEWS - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal yang baru saja lulus dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk Bidang Ilmu Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.

"Saya sungguh ikut bangga dan bersyukur atas segala karunia terutama hari ini kita semua bisa menyaksikan sahabat saya Cucun Syamsurijal telah lulus menjadi Doktor dengan predikat Cumlaude," kata Gus Muhaimin dalam sambutannya, Rabu (25/1/2023).

"Kami bangga seorang santri yang belajar di Pesantren Cipasung dengan berbagai keterbatasan dan kesederhanaan akhirnya bisa lulus di Universitas prestisius, Universitas Padjajaran Bandung ini," sambung Gus Muhaimin.

Dalam sidang tersebut, Cucun mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Efektivitas Pengelolaan APBN dengan Menggunakan Kebijakan Aoutomatic Stabilization dalam Menghadapi Krisis.”

Di hadapan tim Promotor yang diketuai Yogi Suprayogi Sugandi, S.Sos., M.A., Ph.D. Cucun mempertahankan disertasinya. Dia menjelaskan, ketika kondisi ekonomi menghadapi turbulensi, pemerintah bisa merespon turbulensi tersebut melalui kebijakan countercyclical.

“Terdapat dua pendekatan countercyclical yang bisa digunakan oleh pemerintah yaitu kebijakan diskresi dan kebijakan automatic stabilization,” jelas Cucun.

Berdasarkan kajian empiris dan teoritis yang dilakukan Cucun, terdapat beberapa hal penting yang harus menjadi catatan dan pertimbangan pemerintah yang bisa dijadikan modal dalam menghadapi potensi terjadinya krisis di masa yang akan datang.

“Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan fiskal automatic stabilization efektif digunakan untuk menghadapi krisis ekonomi. Ketika kondisi ekonomi mengalami resesi, kebijakan automatic stabilization mampu secara efektif mendorong pertumbuhan ekonomi naik sampai ke garis potensialnya,” pungkasnya.