Standard Post

Gus Muhaimin: Warisan Besar Pahlawan adalah Indonesia


PKBNEWS - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk tidak melupakan perjuangan pahlawan bangsa dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gus Muhaimin mengatakan NKRI lahir berkat ijtihad dan perjuangan para pahlawan. Sebab itu pada momentum Hari Pahlawan hari ini ia mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk tetap melestarikan semangat juang pahlawan.

"Lahirnya bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah hasil ijtihad dan perjuangan panjang para pahlawan. Kegigihan dan semangat juang mereka mampu mewujudkan Indonesia merdeka," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini menyatakan, menghargai dan meneladani semangat juang pahlawan tak hanya berwujud perang, tetapi bisa dengan cara yang lain.

"Meneladani semangat juang para pahlawan bangsa tidak hanya melalui perang dan angkat senjata, meraih prestasi dan berjuang menggapai cita-cita demi Indonesia maju, adil dan sejahtera pun termasuk dalam perjuangan," ungkap Gus Muhaimin.

Sebab itu, inisiator Hari Santri Nasional ini menekankan semua eleman bangsa untuk menjaga dan melestarikan semangat juang pahlawan dalam wujud apapun. Ia menyatakan warisan besar pahlawan yang wajib dijaga adalah Indonesia.

"Maka, semangat juang para pahlawan bangsa harus kita jaga, harus kita lestarikan. Warisan besar para pahlawan adalah Indonesia, rumah kita bersama. Dan amanah besar para pahlawan adalah persatuan, perisai kita bersama," tegas Gus Muhaimin.

Selain itu, Gus Muhaimin juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang tidak melupakan peran dan jasa tokoh-tokoh bangsa di masa lalu dan menetapkan mereka sebagai pahlawan nasional.

"Saya juga mengapresiasi pemerintah, khususnya Presiden Jokowi yang tidak lupa akan jasa pahlawan. Termasuk ketika menetapkan 5 tokoh bangsa menjadi pahlawan nasional beberapa waktu yang lalu," tukas Gus Muhaimin.