Standard Post

Kukuhkan Pengurus Gemasaba, Gus Muhaimin Beri Tiga Tugas Penting


PKB News - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengukuhkan pengurs Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) se Indonesia, Sabtu, 30 Oktober 2021. Pengukuhan tersebut digelar secara hybrid di Hotel Acacia Jakarta Pusat.

Ada dua termin acara yang dilaksanakan dalam pengukuhan tersebut. Pertama adalah pengukuhan Dewan Pengurus Nasional Gemasaba di bawah kepemimpinan Heru Widodo. Lalu dilanjutkan dengan pelantikan pengurus wilayah Gemasaba dari 34 Provinsi se Indonesia.

Gus Muhaimin dalam amanahnya meminta Gemasaba untuk tidak ragu mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Meski tantangannya cukup berat, namun Gus Muhaimin menilai menjadi wakil rakyat bukan hal yang sulit diraih jika diimbangi dengan kerja keras, kreatif, dan inovatif.

“Kita harus terus tanyakan kepada rakyat, rakyat kalau mau DPR baik maka pilih orang baik. Rakyat kalau DPRnya mau lurus pilihlah yang lurus, dan yang lurus di negeri ini hanya PKB. Karena itu saya ingin semua yang ada di ruangan ini menjadi Anggota DPR,” kata Gus Muhaimin.

Dalam kesempatan itu Gus Muhaimin juga memberikan tiga tugas penting bagi seluruh pengurus Gemasaba. Pertama, dia meminta Gemasaba untuk membuat masyarakat cerdas. Dalam konteks ini Gus Muhaimin meminta mereka aktif membangun jejaring dengan berbagai pihak, terutama kalangan mahasiswa.

“Silakan bekerjasama dengan mahasiswa untuk menjadi kekuatan pencerah, termasuk mendidik mahasiswa untuk menjadi kontrol terhadap pemilu, pengawas terhadap pemilu secara langsung,” kata Gus Muhamin.

Wakil Ketua DPR RI ini menegaskan, pengawasan terhadap pemilu sangat diperlukan agar setiap wakil rakyat yang terpilih sesuai dengan harapan sekaligus mencegah terjadinya penyimpangan yang sangat merugikan masyarakat dan masa depan bangsa.

“Awasi supaya tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan, karena Pemilu yang berkualitas akan melahirkan orang yang berkualitas,” ujar Gus Muhaimin.

Tugas kedua, lanjut Gus Muhamin, Gemasaba harus membantu memenangkan PKB dalam Pemilu. Dalam hal ini Gus Muhaimin meminta Gemasaba untuk memacu kreatifitas dan inovasi sesuai dengan semangat kaum muda, seperti aktif di media sosial serta mengisinya dengan konten PKB.

“Saya senang tadi baiatnya sangat jelas dan singkat, yaitu membantu memenangkan PKB. Ketua DPN gemasaba tadi juga sudah tepat ngomongnya, dunia maya sudah menjadi dunia nyata. Karena yang maya itu yang nggak jelas, tapi sekarang justru yang maya ini yang lebih jelas. Jadi kalau kalian tidak hadir di dunia maya, kalian tidak dianggap ada meskipun hadir,” tutur Gus Muhaimin.

Secara khusus Gus Muhaimin mendorong Gemasaba untuk menjadi ujung tombak kekuatan sosial media PKB yang aktif, agresif dan produktif. “Saya berharap Gemasaba menjadi ujung tombak media sosial PKB. Contohnya misalnya setiap postingan akun-akun DPP PKB, respon dengan baik. Beri gagasan-gagasan brilian,” ungkapnya.

Tugas ketiga, Gus Muhaimin meminta seluruh pengurus Gemasaba meningkatkan skill. Menurut Gus Muhaimin, tantangan zaman yang semakin kompleks perlu diantisipasi dengan baik oleh Gemasaba sebagai generasi kepemimpinan masa depan.

“Kelas kepemimpinan kita masih rendah. Bagaimana anda semua harus meningkatkan skill. Semuanya dipelajari, nggak ada yang tidak bisa dipelajari. Jangan pernah merasa mapan, karena mapan itu bukti sudah tua. Semua harus terus inprovisasi, memperbaiki dan mempelajari,” tukas Gus Muhaimin.

Sementara itu, Ketua Umum DPN Gemasaba Heru Widodo berkomitmen menjalankan seluruh amanah Gus Muhamin, termasuk dalam konteks optimalisasi pemanfaatan media sosial. Menurut Heru, segmentasi Gemasaba di tingkat mahasiswa dan milenial akan terus ditingkatkan.

“Dunia maya yang hari ini sudah seperti dunia nyata harus kita hadapi dan kita siapkan. Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh kader dan pengurus segmentasi kita di tingkat mahasiswa dan milenial harus kita tingkatkan,” tutur Anggota Fraksi PKB DPR RI ini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dewan Pimbina DPN Gemasaba, Cucun A Syamsurijal, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wasekje DPP PKB Anggia Ermarini, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKB Ela Siti Nuryamah, Ketua Gerbang Tani Idham Arsyad, serta Sekjen DKN Garda Bangsa Rodli Kaelani.