Standard Post

Mendag Tegaskan Bakal Fokus Pada Upaya Peningkatan Ekspor


PKBNews - MENTERI Perdagangan Agus Suparmanto tegaskan Kementerian Perdagangan (Kemendag) fokus pada upaya peningkatan ekspor. Ia pun bakal memangkas segala aturan yang menghambat sekaligus melanjutkan penguatan kerja sama dagang antarnegara.

"Kementeriannya akan menyesuaikan fokus kerja sesuai visi misi Presiden Jokowi. Kita arahkan segala sesuatu yang bisa meningkatkan ekspor," katanya, kemarin.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Nasional (FH Unas) itu menuturkan, ia berupaya merumuskan strategi. Dan, itu sudah dibicarakannya dengan presiden mengenai masalah perdagangan yang menjadi tantangan bagi Indonesia.

"Pengarahan dari Bapak Presiden, kami akan menguatkan komoditas dalam negeri, perdagangan antarnegara, dan kerja sama-kerja sama internasional," kata Agus.

Agus mengakui bahwa dirinya diwarisi sejumlah perjanjian dagang yang tengah bergulir. Setidaknya ada 12 kerja sama dagang berbasis free trade agreement (FTA) maupun comprehensive economic partnership agreement (CEPA) yang belum ditandatangani. Kerja sama dagang tersebut bermuara pada tujuan peningkatan akses perdagangan, investasi, hingga kemudahan regulasi antarnegara.

"Banyak akses pasar yang perlu digali melalui perjanjian. Tanpa perjanjian dagang, kita akan sulit bersaing dan kalah dengan negara lain," ucapnya.

 

TERKAIT

    -