Standard Post

Gerindra Belum Bicara Koalisi, Selama Ini Hanya Asumsi


PKBNews - SAFARI politik yang dilakukan Ketua Umum (Ketum) Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dipastikan tak terkait koalisi. Pasalnya, orang nomor satu di Partai Gerindra itu belum mengutarakan niatnya untuk berkoalisi.

"Jadi selama ini hanya asumsi, belum ada kepastian bahwa Gerindra itu masuk atau yang lain masuk. Jadi belum ada kepastian. Nanti kalau sudah diumumkan baru di situ dapat dipastikan," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kemarin.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) itu dalam safari politik yang dilakukan dengan Prabowo ke PKB sama sekali tidak mewacanakan akan bergabung. Prabowo berulang kali menegaskan bahwa dirinya siap untuk membantu pemerintah.

"Semalam pertemuan Pak Prabowo tidak menyampaikan bahwa Pak Prabowo minta menteri atau minta bantu ke Gus Muhaimin, sama sekali tidak. Pak Prabowo hanya menyampaikan Gerindra siap bekerja sama di dalam pemerintahan ataupun di luar pemerintahan," kata Jazil.

Jazilul mengingatkan bahwa domain menteri bukan berada di ketua umum parpol koalisi melainkan hak dari presiden untuk menentukan siapa pembantu kabinet selanjutnya.

"Urusan menteri urusan Pak Jokowi bukan urusan Gus Muhaimin. Tetapi kesepahaman-kesepakatan apa penyamaan visi semua parpol, saya pikir penting hari ini jangan sampai ada istilah parpolisasi karena justru parpol sendiri tidak kompak," ucapnya.