Standard Post

Habibie Tokoh Idola yang Menginspirasi Kalangan Santri


PKBNews - KEPERGIAN Presiden ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie ke pangkuan Sang Kholik meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Beragam kesan terhadap kecerdasan dan jasa Habibie dalam menahkodai Indonesia diutarakan banyak pihak.

Salah satunya, Wakil Sekertaris Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Maman Imanulhaq. Menurutnya, Habibie merupakan tokoh idola yang menginspirasi kalangan santri.

"Waktu mondok di Jombang, Jawa Timur, ada slogan santri berhati Makkah, berotak Habibie. Kita kehilangan tokoh bangsa yang jadi idola para santri. Tugas kita mencetak santri seperti Pak Habibie," ujarnya, Kamis (12/9/2019).

Kang Maman, sapaan akrab Maman Imanulhaq menuturkan, salah satu pemikiran besar yang ditekankan Presiden ketiga Indonesia itu ialah ilmu dan teknologi (iptek) harus diimbangi iman dan takwa (imtak).

"Kemajuan Teknologi tidak akan berarti tanpa dilandasi peradaban moral yang tinggi," tirunya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, menilai BJ Habibie sosok religius. Ia taat beribadah dan rajin berpuasa.

"Agama bagi Habibie bukan hanya baju atau identitas, tapi perilaku, tindakan dan akhlak atau teladan. Beliau suri tauladan," kata Kang Maman.

Kang Maman berkata, Habibie merupakan salah satu tokoh yang dikagumi Presiden Keempat Indonesia KH Abdurrahman Wahid. Habibie, kata dia, merupakan salah satu referensi tauladan, sosoknya yang cerdas dan optimistis selalu menebar energi positif.

TERKAIT

    -