Standard Post

Transmigran Teladan Diminta Tingkatkan Prestasi


PKBNews - KEMENTERIAN Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada para Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan tahun 2019.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan sekaligus pengakuan atas keteladanan mereka.

"Ini dapat menjadi pendorong bagi peningkatan motivasi bagi transmigran dan pembina permukiman transmigrasi yang ada di daerah lain untuk meningkatkan prestasi dan kinerjanya," kata Eko dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Menurut Menteri Eko, penyelenggaraan transmigrasi selama ini telah memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh berkembangnya wilayah potensial, pusat-pusat pertumbuhan baru di tanah air, dan telah mendorong terbentuknya kota-kota baru.

Menteri Eko mengatakan bahwa secara sistematis dan berkelanjutan, penyelenggaraan transmigrasi berhasil menyinergikan potensi sumber daya alam dan tenaga kerja produktif.

Hasil dari penyelenggaraan transmigrasi yang selama ini dilakukan menjadi kekuatan nyata yang mendorong terciptanya ketahanan pangan, berkembangnya kehidupan ekonomi kerakyatan, menciptakan kesempatan kerja dan peluang kewirausahaan dan pengentasan kemiskinan.

"Sekaligus penataan persebaran penduduk yang serasi dan seimbang," tukas Menteri Eko.

Selain itu, Menteri Eko menilai bahwa capaian kinerja bidang ketransmigrasian Kemendes PDTT selama empat tahun sejak 2015 hingga 2019 meliputi Membina 354 lembaga ekonomi dan 3.938 wirausahawan, sertifikasi lahan transmigran sejumlah 107.392 bidang, dan total investasi badan usaha yang menjadi mitra masyarakat dan pemerintah di kawasan Transmigrasi sebesar Rp 16,9 triliun.

"Capaian-capaian tersebut sudah seharusnya menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja demi kepentingan masyarakat desa," tandas Menteri Eko yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa.

TERKAIT

    -