Standard Post

Kiai Muchlas Tanamkan Nilai-nilai Politik Kerakyatan


PKBNews - ALMARHUM kiai sepuh Pondok Pesantren (Ponpes) Gedongan Cirebon yang juga Wakil Ketua Dewan Syura DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Muchlas Dimyati tanamkan nilai-nilai politik kerakyatan.

"Hubungan KH Muchlas dengan masyarakat tak memiliki sekat. Bahkan selalu mengajarkan santrinya untuk bermasyarkat. Beliau menanamkan nilai-nilai politik kerakyatan," ujar Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat (Jabar) Syaiful Huda, kemarin.

Menurut Syaiful Huda, KH Muchlas seakan menjadi jawaban atas kondisi politik hari ini yang berjarak dengan masyarakat.

"Kondisi politik hari ini menunjukan jarak dengan rakyat. Kiai Muchlas selalu memberikan teladan, politik itu berada di rakyat. Beliau selalu maksimal berhubungan dengan rakyat," tuturnya.

Kata Syaiful Huda, KH Muchlas mendapat mandat sebagai Wakil Ketua Dewan Syura PKB itu memiliki hubungan yang manis dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. KH Muchlas merupakan kiai yang sangat peduli dengan persoalan politik kerakyatan.

"Cak Imin sangat sayang dengan KH Muchlas. Cak Imin juga selalu berkonsultasi dengan beliau. Ya, kiai politik umat, beliau peduli banget, termasuk urusan pilkades," tuturnya.

Sekadar diketahui, KH Mukhlas Dimyati wafat pada pukul 14.00 WIB saat menjalani perawatan di RSPAD Jakarta. Pihak keluarga pun membenarkan kabar tersebut. Rencananya proses pemakaman dilakukan pada malam ini.