Standard Post

PKB Lampung Timur Siapkan Arah Koalisi Pilkada 2020


PKBNews - Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung Timur Ahmad Basuki mengatakan, menjelang perhelatan demokrasi Pemilihan Kepala daerah (Pilkada), PKB memantapkan konsolidasi.

Sebagai salah satu peserta pemilu PKB ikut ambil peran penting dalam Pilkada. PKB Lampung Timur bakal menentukan koalisi usai Muktamar di Bali, 20 Agustus 2019 mendatang. "Kami bahas usai muktamar di Bali," ujar Ketua DPC PKB Lampung Timur Ahmad Basuki, belum lama ini.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di delapan kabupaten/kota di Lampung pada tahun 2020 sudah tinggal menghitung bulan untuk pelaksanaannya. Beberapa nama telah muncul sebagai bakal calon kepala daerah di delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Demikian pula DPC PKB Lampung Timur.

Menurut Ahmad Dasuki, pihaknya siap berkoalisi dengan partai manapun pada Pilkada 2020 di Lampung Timur. PKB Lampung Timur sendiri hanya memiliki 8 kursi DPRD. "Belum cukup untuk memajukan calon, harus koalisi," ujarnya.

Ahmad Dasuki mengatakan bahwa saat ini, pihaknya masih akan menyelesaikan kontrak politik dengan Partai Demokrat. Seperti diketahui, PKB dan Partai Demokrat berkoalisi pada Pilkada 2015 dengan memajukan Chusnunia-Saiful Bukhari dan berhasil menang.

Kendati demikian, belum habis masa jabatan, Bupati Lampung Timur Chusnunia dipinang Ketua DPD I Partai Golkar Lampung Arinal Djunaidi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung. Duet dua ketua partai ini mampu memenangkan pertarungan pilgub.

Hasilnya, Chusnunia atau yang kerap disapa Nunik harus melepas jabatan Bupati Lampung Timur yang kini digantikan wakilnya, Saiful Bukhari. Posisi Wakil Bupati Lampung saat ini masih kosong. "Kami masih akan bahas itu dengan Demokrat," tandas Ahmad Dasuki.