Standard Post

Penggunaan Media Sosial Cermin Perilaku Pemiliknya


PKBNews - EKSISTENSI media sosial memiliki peran penting dan strategis. Karena penggunaan dan pemanfaatan media sosial menunjukkan perilaku pemilik akun media sosial dalam kehidupannya sehari-hari.

Hal itu dikatakan Menteri Ketenagakerjaan HM Hanif Dhakiri di sela acara kompetisi di Microsoft Office Specialist (MOS) dan Adobe Certified Associate (ACA) di Boyolali, Rabu (3/7/2019).

Menteri Hanif mengatakan bahwa pihaknya memanfaatkan keberadaan media sosial dalam urusan di kementeriannya. Pemanfaatan sosial media digunakan dalam proses seleksi, termasuk dalam proses pengisian jabatan tertentu.

"Sosial media itu menjadi semacam paspor," kata Menteri Hanif yang juga Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa.

Kata Menteri Hanif, di Kementerian Tenaga Kerja, penelusuran media sosial juga dilakukan dalam proses seleksi, termasuk proses kenaikan jabatan. "Seperti yang lain, seleksi ada tahapan tertulis dan wawancara," ujarnya.

Ia mengatakan, banyak yang bergembira lantaran memiliki penilaian baik dalam dua tahap tersebut.

Kendati demikian, ternyata pihaknya masih melakukan satu tahapan lagi. "Semua kami minta menyebutkan akun sosial medianya," tukas Menteri Hanif.

Di sisi lain, Menteri Hanif pun melakukan penelusuran terhadap akun media sosial calon pejabat yang bersangkutan.

Menteri Hanif mengatakan bahwa proses itu cukup penting untuk dilakukan. "Jangan sampai memilih orang yang suka mengeluh di sosmed ataupun memaki-maki orang," katanya.

Karena itu, Menteri Hanif mengharapkan generasi muda di Indonesia semakin berperilaku bijak dalam menggunakan sosial media. Sebab, cara serupa juga sudah banyak digunakan oleh instansi lain. "Perusahaan swasta juga sudah banyak yang menerapkan," tandasnya.

TERKAIT

    -