Standard Post

Kader PKB Mendukung Cak Imin Kembali Pimpin PKB


PKBNews -PARA Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan mendukung HA Muhaimin Iskandar kembali menjabat posisi ketua umum.

Pernyataan itu disampaikan di hadapan Presiden Joko Widodo. Peristiwa itu terjadi saat pengurus DPP PKB dan pengurus DPW PKB bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Ketua Umum PKB HA Muhaimin Iskandar hadir dalam pertemuan itu. Awalnya, menurut Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf, Presiden Jokowi diundang untuk menghadiri Muktamar PKB di Bali pada tanggal 20 Agustus 2019 mendatang.

Muktamar merupakan forum tertinggi di PKB untuk menentukan ketua umum dan kepengurusan baru.

"Kami mewakili rekan-rekan di daerah sangat berharap Bapak Jokowi bisa hadir di Bali membuka Muktamar PKB," kata gus Yusuf.

Menurut Gus Yusuf, PKB memastikan kepada Presiden Jokowi bahwa Muktamar kali ini tidak akan berlangsung panas. Justru akan berlangsung kondusif. Sebab, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB sudah kompak mendukung Muhaimin Iskandar untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya.

"DPW PKB dan DPC PKB sudah aklamasi agar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar melanjutkan kembali kepemimpinannya," kata Gus Yusuf.

Apa yang dikatakan Gus Yusuf tersebut kemudian disambut tepuk tangan para pengurus PKB yang hadir, termasuk Muhaimin Iskandar.

Di sisi lain, Gus Yusuf mengatakan bahwa para pengurus daerah memang sudah kompak dan kembali mendukung Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin. Hal ini, karena suara PKB di Pileg 2019 mengalami peningkatan. PKB berhasil naik satu tingkat dari yang pada Pemilu 2014 berada pada urutan kelima, menjadi keempat pada Pemilu 2019.

Suara PKB pada Pileg 2014 adalah 11.298.950 atau 9,04 persen. Sedangkan pada Pileg 2019 mendapatkan 13.570.097 suara atau 9,69 persen.

"Ya itu kan berkat kekompakkan, kesolidan dan juga tentu berkat kepemimpinan beliau, Cak Imin. Maka, kita, temen-temen DPW sepakat untuk menjaga kesolidan ini, demi kesuksesan 2024, dengan kembali meminta kesediaan Cak Imin untuk menjadi Ketua Umum PKB periode lima tahun berikutnya," ujar Gus Yusuf.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Cak Imin sendiri mengaku sama sekali tidak mengetahui perihal dukungan itu. Kendati demikian, kata Cak Imin, dirinya akan siap kembali memimpin PKB jika mendapat kepercayaan.

"Kalau perintah partai, siapa yang berani menolak. Perintah partai harus ditaati," tandas Cak Imin.

TERKAIT

    -