Standard Post

Menristekdikti Lantik Anhar Riza Jadi Kepala BATAN


MENTERI Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melantik Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan sebagai Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Anhar Riza menggantikan Kepala BATAN sebelumnya Djarot Sulistio Wisnubroto yang masa jabatannya habis pada Desember 2018. "Kami berharap BATAN bisa meningkatkan riset yang sangat penting bagi bangsa. Baik itu bidang kesehatan, pangan dan juga energi. Ini sangat penting dilakukan," kata Menristekdikti HM Nasir di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Menurut Menteri Nasir, di bidang energi, bagaimana mengembangkan riset ke depan dan juga melanjutkan pembangunan reaktor nuklir yang digunakan untuk riset.

Menteri Nasir mengatakan bahwa riset di bidang energi harus segera dilakukan karena Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan energi fosil saja.

"Kami akan mengusulkan kepada Bapak Presiden Jokowi terkait anggaran pembangunan reaktor daya listrik. Anggarannya harus dipastikan ada karena pembangunannya tidak cukup dalam waktu satu hingga dua tahun," ujarnya.

Karena itu, Kemenristekdikti akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membicarakan pembangunan reaktor daya eksperimental yang digunakan untuk penelitian itu.

Menteri Nasir mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pembangunan reaktor itu selesai pada 2021. Akan tetapi, karena sampai saat ini belum juga dibangun, pihaknya menargetkan hingga akhir 2024.

Indonesia, kata Menteri Nasir, sudah mempunyai tiga reaktor nuklir dan sudah berpengalaman mengelola nuklir sejak 1965. "Kita punya kemampuan dalam mengelola reaktor nuklir dengan baik," katanya.

Menristekdikti meminta agar Kepala BATAN yang baru bisa melanjutkan pembangunan reaktor daya untuk eksperimen tersebut.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, mengatakan akan berupaya mewujudkan apa yang diinginkan oleh Menristekdikti.

TERKAIT

    -