Standard Post

Cak Imin Dukung Rekonsiliasi untuk Kemaslahatan


PKBNews - KETUA Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) HA Muhaimin Iskandar tidak keberatan apabila partai koalisi pengusung Prabowo-Sandi merapat menjadi bagian dari pemerintahan selanjutnya.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Cak Imin itu ingin ada jatah tetap bagi partai politik (parpol) pengusung Jokowi-Ma`ruf.

"Kita sangat mendukung rekonsiliasi dengan penggabungan, asal jatah tetap," kata Cak Imin di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Cak Imin tidak merinci berapa jatah tetap yang sebaiknya diberikan kepada parpol pengusung Jokowi-Ma`ruf di pemerintahan selanjutnya.

"Belum tahu," ujar Cak Imin.

Selain itu, menurut Cak Imin, sebenarnya Jokowi-Ma`ruf sudah kuat lantaran didukung sekitar 55 persen masyarakat Indonesia yang memilik hak pilih.

Dampak buruknya, menurut Cak Imin, akan ada ketidakberimbangan di DPR sebagai pengawas kinerja pemerintah. Namun, Cak Imin melihat rekonsiliasi usai gelaran Pilpres 2019 lebih perlu diutamakan.

"Sudah gemuk istilahnya. Tetapi kalau demi rekonsiliasi, untuk kemaslahatan, kebaikan bersama kenapa tidak? Enggak ada masalah" kata Cak Imin.

Terkait dengan posisi menteri yang diberikan kepada PKB, Cak Imin tidak mau membeberkan. Cak Imin pun tidak menjawab pos kementerian dan jumlah kursi yang ditargetkan.

Cak Imin kemudian mengingatkan bahwa hal itu sebgagai hak prerogatif Presiden Jokowi. Karenanya, Cak Imin enggan bicara banyak terlebih dahulu.

"Kita berdoa sebanyak-banyaknya tapi kan semua keputusan ada di presiden," tandas Wakil Ketua MPR RI.

TERKAIT

    -