Standard Post

Tahun 2019, Prestasi Kemendes PDTT Meningkat


PKBNews - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengklaim bahwa kementerian yang dipimpinnya mengalami peningkatan prestasi pada 2019 ini.

Prestasi ini berangkat dari penilaian Ombudsman RI (ORI) soal standar pelayanan publik yang sebelumnya berada di zona merah naik ke zona hijau.

Hal itu diungkapkan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo dalam rapat kerja dipimpin Ketua Komisi V, Fary Djemi Francis.

Komisi V DPR RI melakukan evaluasi capaian kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) selama empat tahun terakhir serta pembahasan APBN tahun 2020.

"Capaian program pembangunan desa, PDTT, ditargetkan untuk mengurangi 5000 desa tertinggal. Bahkan, awal tahun lalu mencapai 6800 desa yang bisa ditingkatkan, jadi sudah melebihi target," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, (13/6/2019).

Beberapa sektor lain juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti, nilai akuntabilitas kerja yang naik menjadi rating B dari sebelumnya C.

"Peningkatan desa mandiri yang ditargetkan sebanyak 2000 desa, hingga awal tahun ini telah mencapai 6665 desa," katanya.

Menteri Eko yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa mengatakan bahwa di tahun ini untuk pertama kalinya grafik serapan anggaran bisa sesuai dengan rencana. Meskipun sempat stagnan namun tetap berada di atas rencana anggaran.