Standard Post

Mendes Ajak Swasta Garap Prukades


PKBNews - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengajak PT Seger Agro Nusantara bekerjasama dengan desa untuk mengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

"Kita ada satu program namanya Prukades. Pada dasarnya Prukades ini kita bentuk sebuah klaster ekonomi. Karena kalau base-nya desa, size-nya kurang. Makanya kita buat kawasan perdesaan agar size-nya besar," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat menerima audiensi dari PT Seger Agro Nusantara (SAN) di Jakarta, kemarin.

Menteri Eko mengatakan bahwa Program Prukades merupakan salah satu dari empat program utama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Menteri Eko yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menegaskan bahwa selain memberikan peluang kepada sektor swasta, Prukades juga akan membantu meningkatkan ekonomi di kawasan perdesaan.

Tak hanya kawasan pedesaan, Menteri Eko mengatakan, PT Seger Agro Nusantara juga dapat mengembangkan Prukades di Kawasan Transmigrasi yang butuh peran sektor swasta agar berkembang dengan pesat. Banyak daerah transmigrasi yang membutuhkan private sector," ujarnya.

Bahkan menteri Eko meminta PT Seger Agro Nusantara segera menentukan produk unggulan dan wilayah yang akan ditawarkan untuk dijadikan lokus pengembangan Prukades. Jika berkaitan dengan produk pertanian, menurutnya juga harus mempertimbangkan pasar dan biaya logistik.

Di sisi lain, Menteri Eko juga mengingatkan PT Seger Agro Nusantara, bahwa produk yang akan dikembangkan harus dalam skala besar. Kita kembangkan minimal 5.000 hektare, 10.000 hektare. Jadi enak, kalau mau bikin driyer nggak nganggur," tandasnya.

TERKAIT

    -