Standard Post

DPP PKB Mulai Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Cakada se-Indonesia


PKBNEWS - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melanjutkan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) pada Senin (13/5/2024). Para Bacakada yang telah mendaftar itu harus memaparkan visi misinya dalam UKK tersebut.

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun A Syamsurijal menyatakan, UKK dilaksanakan sebagaimana arahan dari Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

"Ya DPP PKB sudah mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan Bacakada mulai minggu lalu. Ini semua sesuai arahan Ketum Gus Muhaimin, bagaimana kita bisa mencari sosok calon pemimpin yang betul-betul layak," kata Cucun saat ditemui di kantor DPP PKB, Senin (14/5/2024).

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu berujar, UKK digelar sebagai salah satu sarana untuk menguji pengetahuan dan juga pengalaman Bacakada sebelum berlaga di Pilkada 2024. Iapun menegaskan bahwa seluruh Bacakada yang mendaftar di PKB dipastikan akan mengikuti UKK.

"Semuanya kita beri peluang dan kesempatan memaparkan visi misi. Semakin baik visi misinya, pengetahuannya, pengalamannya, tentu semakin besar diusung PKB nanti," tegas Cucun.

Cucun menambahkan, tercatat sudah ada 40 Bacakada yang sudah diuji oleh jajaran pengurus DPP PKB sejak dibuka minggu lalu. Bahkan banyak di antara mereka bukanlah kader PKB.

"Sudah 40-an Bacakada yang kami uji, mulai dari Bacakada Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Dan bukan cuma kader (PKB) ya, malah banyak di antaranya itu adalah tokoh-tokoh dari luar PKB," tegas Cucun.

Melihat antusiasme Bacakada yang mendaftar di PKB, Cucun menyebut hal itu menjadi bukti jika PKB memang punya magnet politik yang menjanjikan. Iapun optimis PKB bisa meraih kemenangan di Pilkada 2024 mendatang.

"Kalau kita lihat dari yang sudah mendaftar, ini menjadi bukti kalau PKB memang menarik di mata Bacakada. Apalagi di Pemilu lalu suara PKB naik cukup signifikan. Kami menjadi semakin optimis PKB akan menang," tukas Cucun.

Sejumlah Bacakada yang sudah mengikuti UKK di PKB antara lain Hengki Irawan - Bakal Calon Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Hj. Rini Syarifah - Bakal Calon Bupati Blitar, H. Warsubi, S.H., M.Si. - Bakal Calon Bupati Jombang, Dr. Ir. Raden Bagus Fattah Jasin, M.S. - Bakal Calon Bupati Pamekasan.

Lalu Louise Lucky Taolin, S.Sos - Bakal Calon Bupati Malaka, Yohanis Uly Kale - Bakal Calon Bupati Sabu Raijua, Drz Simoen Thobias Pally - Bakal Calon Bupati Alor, Drs. Niga Dapa Wole - Bakal Calon Bupati Sumba Barat, serta H. Syafrudin Noor, SE., S.Sos. - Bakal Calon Bupati Hulu Sungai Selatan.

TERKAIT

    -