Standard Post

Perolehan Suara PKB di Bantul Meningkat Tajam


PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bantul, Abdul Halim Muslih, memastikan perolehan suara partai yang dinahkodai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 meningkat tajam. Hal tersebut dapat dilihat dari bertambahnya wakil kader PKB di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul periode 2019-2024.

"Namun, rekapitulasi suara masih berlangsung di tingkat kecamatan. Akan tetapi berdasarkan hitungan partai berlambang bola dunia itu memperoleh suara tidak kurang dari sekitar 83.000," katanya, kemarin.

Menurut Halim, paling sedikit PKB mengantongi enam kursi. Cukup signifikan dibanding pemilu dua periode sebelumnya. Pada pemilu 2014 lalu, kata dia, PKB hanya meraih suara 57.000 dengan jumlah empat kursi. Bahkan pada pemilu 2009 silam, PKB hanya mampu mendulang 23.500 suara atau sebanyak tiga kursi.

"Perolehan kursi itu baru kalkulasi kasar. Tidak menutup kemungkinan kursi masih bisa bertambah," katanya.

Wakil Bupati Bantul itu menambahkan, satu kursi dari salah satu daerah pemilihan (dapil) terbilang cukup boros karena memerlukan hingga 21.000 suara.

"Dapil yang cukup boros karena 21.000 suara hanya 1 kursi. Karena setelah setelah dibagi tiga jadi kurang dan lebih banyak partai lain," kata Halim.

Halim menambahkan, jika perhitungan kursi menggunakan bilangan pembagi pemilih (BPP), kata Halim, maka dapil yang boros itu bisa dapat lebih dari satu kursi.

TERKAIT

    -