Standard Post

DPC PKB Probolinggo Selamatkan 40 Suara yang Hilang


PKBNews - PEROLEHAN 40 suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Desa Kalibantu, Kecamatan Kraksaan berhasil diselamatkan setelah melakukan penghitungan ulang di PPK Kraksaan.

"Kami telah menyelamatkan 40 suara yang sempat hilang. Total suara tersebut dihimpun dari 3 TPS yang ada di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan," ujar Wakil Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Probolinggo, Mustofa, kemarin.

Sebelumnya, kata Mustofa, 40 suara PKB tersebut dianggap hilang karena terdapat selisih perolehan suara antara yang tertera di Form Plano C1 dan Form C1 salinan yang dipegang saksi. Namun kini suara tersebut berhasil diamankan setelah dilakukan hitung ulang di PPK Kraksaan.

"Selisih perolehan suara terjadi di TPS 14, 7 dan 21. Kini perolehan suara PKB di TPS 14 menjadi 40 suara. Di TPS 7 65 suara dan di TPS 21 menjadi 31 suara," ujarnya.

Dia menambahkan, "Saya ingin mengoreksi statement ketua KPU yang menyatakan temuan kami tidak ada implikasi dengan jumlah peroleh suara. Dan nyatanya, ini bukti hasil perjuangan kami selama 3 hari."

Mustofa yakin jika kekeliruan yang merugikan PKB tidak hanya terjadi di 3 TPS tersebut. Melainkan terjadi di TPS-TPS lainnya se-Kabupaten Probolinggo.

"Hasil temuan tim kami di 24 kecamatan masih update informasinya sampai saat ini masih ada indikasi suara hilang. Insya Allah dua hari ke depan kami dorong ke PPK untuk mengkoreksi apakah ada selisih yang sama persis terjadi," tuturnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Probolinggo Rifkohul Ibat mengaku sudah menerima laporan terjadinya selisih suara antara C1 Plano dengan C1 Salinan di tiga TPS tersebut.
"Memang di situ sudah terjadi beberapa perubahan-perubahan, terutama di salah satu partai politik, namun hal itu sudah dibenahi," katanya.

TERKAIT

    -