Standard Post

PKB Berhasil Salip Demokrat, PAN dan PPP di Jabar


PKBNews - PEROLEHAN suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 hasil real count KPU Jawa Barat (Jabar) menunjukan kemajuan signifikan. Pasalnya, partai yang didahkodai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berhasil menyalip partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Zukkifli Hasan (PAN) dan Suharso Monoarfa (PPP).

Menurut Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jabar Oleh Soleh, meningkatnya perolehan suara PKB di Jabar karena sejumlah faktor. Salah satunya efek ekor jas atau coat-tail effect Jokowi-Ma`ruf di Pilpres 2019.

"Partai ini sangat diuntungkan dengan efek ekor jas pada Pilpres 2019 ini, dengan adanya KH Ma`ruf Amin dapat meningkatkan perolehan suara PKB pada Pileg 2019 ini," katanya, kemarin.

Oleh berkata, penyebab lain mendongkraknya perolehan suara PKB Jabar adalah karena partai ini mampu memaksimalkan suara swing voters dan undecided voters di wilayahnya yang mencapai 10 %.

"PKB Jabar mampu menjaring 8,45 % suara tersebut. Strategi khusus untuk mendekati kelompok swing voters dan undecided voters, tetapi pada intinya kami menawarkan politik kebangsaan yang Rahmatan Lilalamin, bukan menakut-nakuti atau politik pesimistis," ucapnya.

Oleh melanjukan, pondasi yang telah diterapkan tokoh ikon PKB, yaitu Presiden Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi aspek lain mendekatnya pemilih Pileg 2019 Jabar ke PKB.

"Apabila PKB mampu memperoleh suara banyak. PKB menjanjikan keadilan untuk semua bidang. Sebagaimana pondasi yang sudah dibangun oleh almarhum Gusdur yang mencetuskan keadilan, terjaganya NKRI, persatuan dan Kebhinekaan serta tegaknya Pancasila," katanya.

Ditawarkannya dana desa naik jika dapat melenggangnya PKB di DPRD Provinsi Jabar hingga Senayan menjadi amunisi lain seiring janji dukungan regulasi hingga pembiayaan ekonomi kreatif di Jabar. Terakhir, lanjut Oleh, UU Pesantren mampu menyasar pemilih dari kelompok Islam.

"PKB menang dana desa naik, kemarin itu yang kita janjikan. Pengurangan pengangguran di Jabar pun kita tawarkan dengan solusi salah satunya pengembangan ekonomi kreatif," kata dia.

Seperti diketahui, saat Pileg 2014, PKB berada di posisi 7 dari total hasil perolehan suara di Jabar. Kini, PKB menyodok ke urutan 5 ketika Pileg 2019. Begitu juga dengan Partai Gerindra ada di urutan 5 kemudian melesat ke posisi ke-3 di Pileg Jabar 2019.

Atas hasil real count KPU Jabar terhadap partai yang diketuai Muhaimin Iskandar itu otomatis PKB diprediksi melenggang ke DPRD Provinsi Jabar. Di balik itu, Oleh Soleh mengklaim PKB meraih suara lebih dari 90 ribu di 5 Dapil, Garut, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya.

 

TERKAIT

    -