Standard Post

LSI Denny JA: Inilah Dua Faktor Penguat PKB di Pemilu 2019


PKBNews - NAHDLATUL Ulama (NU) dan KH Ma`ruf Amin menjadi dua faktor penguat elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Temuan tersebut merupakan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. LSI bahkan meyakini dua faktor tersebut yang mengantarkan PKB pimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin lolos ke parlemen.

"Beberapa faktor yang membuat elektabilitas PKB menguat. Dua hal yang paling utama yakni faktor NU dan sosok cawapres nomor urut 01 Ma`ruf Amin," ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, kemarin.

PKB, kata Rully, semakin kuat setelah Kiai Ma`ruf menjadi calon wakil presiden (cawapres).

"Saat ini PKB semakin kuat setelah Ma`ruf Amin menjadi cawapres. PKB solid dengan pemilih NU dan Jawa Timur. Tidak ada partai politik yang mampu menggoyang pemilih PKB di wilayah itu," katanya.

Selain PKB, empat partai lain juga berpeluang lolos ke parlemen seperti tertuang dalam survei LSI Denny JA yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Gerindra, Golkar dan Demokrat.

Temuan LSI Denny JA, PDIP mendapat elektabilitas 24,6 persen. Menyusul di posisi kedua yakni Gerindra dengan 13,4 persen.

 

TERKAIT

    -