Standard Post

Politisasi Agama Hanya Akan Memecah Belah Umat Muslim


PKBNews - POLITISASI agama hanya akan memecah umat muslim, calon legislatif (Caleg) asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) 1 Surabaya-Sidoarjo, Fandi Utomo pun meminta agar isu agama tak lagi digunakan dengan masif dalam Pemilu 2019.

"Politisasi agama hanya akan memecah belah umat muslim. Di Timur Tengah, bahkan di Indonesia sendiri, campuran isu politik dan agama mampu membuat orang menjadi radikal, bahkan siap melakukan bom bunuh diri atas nama agama," katanya, kemarin.

Menurut Fandi, Indonesia merupakan bangsa majemuk yang terdiri dari beberapa kalangan.

"Gus Dur sudah mengatakan dan mengajarkan kepada kita, Indonesia ini bangsa plural. Bukan milik satu kelompok tertentu saja. Keutuhan NKRI dan Pancasila harus tetap dijaga," tegasnya.

Menurut mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini, "Memisahkan antara politik dan agama menjadi penting karena menurutnya melakukan politisasi agama akan berdampak buruk kepada umat Islam karena dapat menyebabkan desakralisasi agama. Nilai luhur agama dapat semakin luntur dengan adanya ini (politisasi agama), dan hal ini dapat membuat perpecahan umat, ini bahayanya."

TERKAIT

    -