Standard Post

PKB Diprediksi Raih Dua Kursi DPR RI di Dapil Jatim IX


PKBNews - JIKA melihat prediksi lembaga survei maka dapat dipastikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dapat meraih dua kursi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.

"Jika menggunakan metode penghitungan terbaru diprediksi PKB bisa mendapatkan dua kursi. Sebab, pada saat Pemilu 2014 PKB mendapat perolehan suara yang cukup tinggi," ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas PGRI Ronggolawe, Satya Irawatiningrum, kemarin.

Menurut Irawati, melihat hasil rilis beberapa lembaga survei para caleg memang patut waswas. Apalagi, data yang dirilis terakhir tak semua partai bisa lolos.

Hasil survei terbaru Center for Strategic and International Studies (CSIS) ada tujuh partai yang bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT). Survei CSIS ini dilakukan sejak 15-22 Maret 2019 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Survei ini menggunakan 1.960 orang responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei CSIS ini memiliki margin of error sebesar 2,21 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.‎

Tujuh partai yang dinyatakan lolos menurut survei ini adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Gerindra, Partai Golkar, PKB, Demokrat, PKS, dan Nasdem.

Kata Irawati, di daerah pemilihan Tuban-Bojonegoro sudah bisa dilihat mana saja partai-partai yang berpeluang merebut enam kursi di DPR RI.

"Berdasar data dari perolehan suara pada Pemilu 2014 serta dengan metode hitungan pembagian kursi terbaru maka akan ada satu partai bisa mendapatkan dua kursi, yakni PKB," ucapnya.

Lulusan magister ilmu komunikasi UNS Solo itu menjelaskan, "Tinggal siapa nanti yang menempati kursinya itu bisa dilihat dari kerja keras para caleg."

Irawati menambahkan, mengacu di beberapa lembag survei PAN masih belum mampu untuk mencapai PT.

"Kalau nanti bisa menembus PT maka PAN juga akan bertarung dengan Partai Nasdem dan PKS yang sama-sama lolos di PT untuk berebut. Tinggal kita lihat komposisi calegnya," katanya.

Sementara itu, salah satu anggota Caleg DPR RI dari PKB M Lukmanul Khakim tetap optimistis akan kembali merebut kursinya di DPR RI, karena semua caleg PKB di Dapil Jatim IX ini semua bekerja. Maka tidak menutup kemungkinan perolehan kursinya bisa lebih dari satu.

"Kami tetap optimistis," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ratna Juwita Sari, salah satu caleg PKB Dapil Jatim IX yang beru mencalonkan tahun ini, tetap optimistis akan menduduki kursi senayan.

Meskipun ada petahana, dia yakin perolehan kursi akan lebih dari satu. Karena semua caleg PKB DPR RI berlomba untuk merebut dukungan masyarakat.

"Kami fokus blusukan, memperkuat komitmen," ucapnya.

TERKAIT

    -