Standard Post

Muslimat NU Diminta Lawan Hoaks


PKBNews - DEWAN Syura Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Maman Imanualhaq meminta seluruh warga nahdliyin terutama ibu-ibu kaum musliman melawan ujaran kebencian dan politik adu domba yang berseliweran di Pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Pada Pilpres 2019 ini lebih banyak diwarnai kampanye hitam, kabar bohong (hoaks), fitnah bahkan adu domba. Pasangan Capres nomor urut 01, Jokowi - KH Maruf Amin kerap menjadi sasaran tembaknya," kata KH Maman di hadapan ribuan jamaah Muslimat NU Kabupaten Subang, kemarin.

Kang Maman sapaan akrab KH Imanulhaq mengatakan, "Nabi Adam adalah korban hoaks yang dilakukan oleh Iblis laknattullah. Kita tahu juga putera Nabi Adam, Habil dan Kabil berseteru karena hoaks. Makanya, hoaks adalah musuh kita kita semua. Hoaks menggangu akal sehat, mengancam demokrasi dan memecahkan persaudaraan."

Caleg DPR RI dapil Jabar 9 yang meliputi Subang, Majalengka dan Sumedang nomor satu itu berjanji akan bekerjasama dengan Muslimat NU membangun perpustakaan di tiap kecamatan.

"Perpustakaan akan jadi tempat bagi masyarakat untuk melakukan gerakan literasi media, sekaligus forum tabayun bila ada berita viral yang mengundang polemik dan mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat," tuturnya.

Maman mengingatkan, gerakan membaca atau literasi media menjadi sangat penting, sehingga masyarakat bisa memilah dan memilih mana berita yang hoaks mana yang tidak.

Gerakan ini menurut mantan anggota DPR RI ini, bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya "Budaya Tabayyun" atau klarifikasi.

"Jangan ada yang menelan sebuah berita tanpa melakukan klarifikasi. Dengan demikian masyarakat akan menyaring informasi sebelum menshare ke publik," katanya.

Direktur Relawan TKN Jokowi Amin tidak lupa menyerukan kepada Jamaah yang hadir untuk mengajak keluarga, kerabat, dan teman untuk datang ke TPS 17 April 2019.

Pastikan semua menggunakan hak pilihnya jangan lupa memilih capres cawapres yang akan membawa Indonesia lebih maju.

"Saya sebagai kader NU yakin semua warga NU akan memilih pasangan Capres Cawapres 01 Jokowi - Maruf Amin. Ayo kita putihkan TPS kita. Pakai kaos atau baju bernuansa putih karena ada sosok Kiai Ma’ruf Amin di pasangan nomor urut 01," tandasnya.

 

TERKAIT

    -