Standard Post

Warga Tionghoa PKB Peringati Kelahiran Dewi Kwan Im


PKBNews - MOMENTUM hari kelahiran Dewi Kwan Im digunakan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta untuk megadakan acara Doa untuk Keselamatan Bangsa.

Acara tersebut digelar di Klenteng Kwan Im Hud Bo, Pademangan, Jakarta Utara. Bagi umat Tri Dharma, Dewi Kwan Im merupakan dewi welas asih yang patut diteladani.

Hari kelahiran Dewi Kwan Im atau sejit Dewi Kwan Im diperingati setiap tanggal 19 bulan ke-tiga kalender Imlek. Dalam acara ini biasanya digelar sejumlah ritual seperti do`a bersama dan prosesi pradisikma.

"Hari ini kita juga menyampaikan puji syukur kepada Dewi Kwan Im yang terkenal dengan welas asihnya. Dengan welas asih itu kita berdoa bagi keselamatan bangsa. Harapannya Pemilu 2019 berjalan dengan lancar dan bangsa ini selalu diberikan keselamatan dan kedamaian," ujar Ketua Panita Penyelenggara, Heriandi Lim, kemarin.

Pria yang juga memangku jabatan Wakil Ketua DPW PKB DKI Jakarta itu memastikan PKB selalu berkomitmen untuk merawat kebhinekaan atau keberagaman seperti yang diwariskan oleh almarhum KH Abdurrahman Wahid atau yang biasa dipanggil Gus Dur.

Baginya, lanjut Heriandi, PKB adalah partai yang konsisten memperjuangkan keberagaman. Terbukti dari peran penting almarhum Gus Dur ketika menjadi Presiden RI ke-empat dari PKB yang mencabut Perpres Nomor 14 Tahun 1967 Tentang Agama, Kepercayaan, dan Adat Istiadat Cina.

"Gus Dur pernah bilang selagi kamu bisa melakukan yang terbaik untuk negaramu, orang tidak akan mempertanyakan apapun agamamu, apapun sukumu. Ini yang selalu saya pegang teguh. Tanpa beliau, tidak akan ada barongsai, tidak akan ada cap go meh dan lain sebagainya seperti yang kita saksikan sekarang," tegasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang juga Wasekjen DPP PKB, Daniel Johan memohon doa restu dan dukungan agar Heriandi Lim bisa terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Doa dan dukungan secara khusus diharapkan dari warga DKI asal Kalimantan Barat agar kompak mendukung Heriandi Lim.

"Sebagai anggota DPR RI yang mewakili Kalimantan Barat berharap Pak Heriandi Lim yang juga berasal dari Kalbar bisa mewakili kita warga DKI, khususnya warga Kalimantan Barat yang tinggal di DKI. Kita berharap Pak Heriandi bisa dilantik menjadi DPRD DKI Jakarta," harapnya.

Daniel berkata, persoalan keterwakilan etnis juga menjadi pertimbangan dan strategi parpol dalam menerima calegnya pada setiap daerah pemilihan yang terwakili oleh sebaran warga dari etnis tertentu.

Dari hampir 13% populasi etnis Tionghoa yang ada di Indonesia, khusus untuk wilayah DKI Jakarta terkonsentrasi di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Heriandi Lim akan bertarung di Dapil 3 Jakarta Utara yang meliputi Kecamatan Penjaringan, Pademangan dan Tanjung Priok.

TERKAIT

    -