Standard Post

Anwar Percaya Diri Kembali ke Senayan


PKBNews - CALON Anggota Legislator (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII, Anwar Rachman percaya diri bisa kembali duduk di Senayan. Pasalnya, mayoritas pemilih di daerah dapil VIII meliputi Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Mojokerto dan Madiun ini merupakan warga Nahdlatul Ulama (NU).

"Ini basis PKB. Kalau di sini, kami sama saja mencari ikan dalam tambak," ujarnya, kemarin.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 yang menggantikan Ida Fauziyah itu menuturkan, calon wakil presiden Ma`ruf Amin, yang mendampingi Joko Widodo dalam pemilu presiden, juga menjadi satu faktor pendukung. Ma’ruf adalah Rais Aam Pengurus Besar NU. Anwar mengatakan penduduk Jombang dan sekitarnya memiliki budaya tradisional yang masih mendengar petuah para kiai.
"Sebanyak 75 persen penduduknya NU. Mau enggak mau mereka nurut kiai," kata Anwar.

Anwar bersama sembilan calon legislator PKB kembali maju dalam pemilihan anggota legislatif tahun ini. Pada Pemilu 2014, PKB mendapat 2 kursi di dapil lewat Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebanyak 116.692 suara dan Ida Fauziyah sebanyak 37.251 suara.

Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia, Lucius Karus menilai pemilih tradisional mendominasi dapil Jatim VIII. Mereka biasanya mengandalkan ketokohan dan popularitas seseorang, misalnya tokoh agama dan suku.

"Agama di sini juga mesti punya warna ke-NU-an. Ini merupakan tempat atau basis pokok NU," tandasnya.

TERKAIT

    -