Standard Post

PKB Diprediksi Memperoleh Dua Kursi di Jatim IX


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi memperoleh dua kursi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur IX. Dua kursi tersebut diisi oleh Farida Hidayati dan Ratna Juwita Sari.

Prediksi tersebut merupakan hasil survei Lembaga Survey Y Publica. Menurut Direktur Eksekutif Y Publica, Rudi Hartono bahwa dua nama itu merupakan kader perempuan potensial yang dimiliki oleh PKB.

Keduanya merupakan sosok yang banyak dipilih oleh masing-masing responden di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

"Hasil jajak pendapat yang kami lakukan, dua nama ini nampaknya memiliki basis konstituen yang kuat pada masing-masing kabupaten di Dapil Jatim IX ini," katanya, kemarin.

Berdasarkan hasil survei Y-Publica yang dilakukan pada 4-13 Februari 2019 di dapil Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan, Farida Hidayati mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 10,8 persen dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8 persen.

Sementara itu, tingkat keterpilihan tertinggi ditempati oleh Haeny Relawati yang merupakan Mantan Bupati Tuban dua periode dengan elektebilitas sebesar 12,3 persen. Selanjutnya, tiga kursi yang lain diisi oleh Didik Mukrianto 9,3 persen, Wihadi Wiyanto 8,4 persen dan J Urip Utomo 7,5 persen.

"Keenam nama ini adalah mereka yang mendapatkan peringkat 6 besar tertinggi tingkat elektabilitas Caleg DPR RI Dapil Jatim IX," katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa Dapil Jatim IX mendapatkan jatah 6 (enam) kursi dalam Pemilu 2019 mendatang. Untuk informasi, sampel dalam survei ini dipilih secara acak bertingkat (multistage random).

Dalam survey ini margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Rudi menilai bahwa dua kursi yang didapatkan oleh PKB di Dapil ini adalah hal yang wajar. Pasalnya, dua daerah di Dapil Jatim IX ini saat diini dipimpin oleh Kepala Daerah yang berasal dari partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar.

"Bupati Bojonegoro Ana Muawanah dan Bupati Tuban Fatkhul Huda tentu memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk memenangkan PKB di daerah mereka masing-masing," katanya.

 

TERKAIT

    -