Standard Post

PKB Diyakini Mampu Kalahkan Demokrat

PKBNews - DIREKTUR Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto meyakini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinahkodai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mampu mengalahkan Partai Demokrat.

"PKB mampu melewati Partai Demokrat," katanya, kemarin.

Menurut Gun Gun, PKB terbantu kampanye yang dilakukan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma`ruf Amin. Selama ini, Ma`ruf dalam kampanyenya kerap diasosiasikan dengan PKB.

"Hal tersebut membuat basis dukungan massa, terutama di pesantren, solid mendukung PKB. Ada insentif elektoral yang rajin juga mempromosikan Pak Ma`ruf, terutama di pesantren-pesantren," katanya.

Gun Gun berkata, PKB pun kerap diasosiasikan dengan Nahdlatul Ulama (NU). NU diketahui memiliki basis massa yang cukup besar di Indonesia sehingga mampu mendongkrak elektabilitas PKB.

Tak hanya itu, kata Gun Gun, PKB relatif minim konflik internal saat ini. Hal tersebut membuat kerja mesin partai lebih optimal.

"Kalau dulu kan terbelah, karena konflik Gus Dur, Yenny Wahid. Sekarang kan nyaris tidak ada efek itu," kata Gun Gun.

Sementara itu, posisi Demokrat dapat semakin menurun lantaran minim figur yang bisa mendongkrak elektabilitas. Selain Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), belum ada lagi sosok yang bisa menguasai panggung politik Indonesia.

Popularitas putra SBY yang juga Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih belum terlalu kuat. Di sisi lain, popularitas SBY setelah lengser dari kursi Presiden RI pada 2014 telah menurun.

"Ketiadaan figur setelah SBY itu berpengaruh besar ke Demokrat," kata dia. Karenanya, Demokrat diminta mencari figur yang cukup memiliki popularitas agar dapat mendongkrak elektabilitas Demokrat kembali naik.