Standard Post

Cak Imin Yakin Jokowi-Ma`ruf Menguasai Debat


PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meyakini pasangan Jokowi-Ma`ruf akan menguasai debat yang digelar pada 17 Januari 2019 mendatang. Sebab, ketiga isu yang akan diperdebatkan seperti hukum, HAM, korupsi, dan terorisme sudah dikuasai dengan baik.

"Ya tentu tidak akan bisa dilihat sebelum kita gelar, ya. Nanti kita akan menunjukkan bahwa penilaian harus jernih, publik atau rakyat bisa menjadi referensi pemilih untuk menentukan pilihannya, lalu skor," kata Cak Imin, Selasa (8/1/2019).

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) itu mengaku heran mendengar politisi Gerindra mengklaim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul 3-0 atas Jokowi-Ma`ruf Amin dalam debat pertama capres-cawapres.

"Sekarang belum ada skor, wong saya kira materinya belum tahu," kata Cak Imin.

Cak Imin berkata, ada beberapa dalam visi-misi yang akan ditonjolkan dalam debat nanti. Mulai produk UU, hukum, hingga pemberdayaan hukum.

"Banyak cara pandang ya, perbedaan cara pandang biasa. Yang paling penting adalah bagaimana menunjukkan kinerja, pemberantasan korupsinya, kinerja law enforcement-nya. Kalau buat incumbent seperti Pak Jokowi, tentu fakta-fakta di lapangan," ujarnya.

Cak Imin pun tidak mempermasalahkan adanya bocoran isi debat.

"Pada prinsipnya, apa pun yang diatur dan disiapkan KPU, kita siap. Mau tidak ada soal yang dikasih tahu, mau tertutup, siap. Karena penyelenggara punya kewenangan mutlak untuk menentukan model dan cara berdebat pilpres," kata Cak Imin.

Kendati demikian, Cak Imin meminta KPU bersikap netral. Apabila pertanyaan yang diajukan itu secara tertutup, itu berlaku bagi kedua paslon. Sebaliknya, jika pertanyaan yang diajukan bersifat terbuka, itu berlaku bagi kedua kandidat capres-cawapres.

"Menyangkut positioning-nya, yang penting kan adil. Kalau ada soal, semuanya harus tahu soalnya," kata dia.

Di sisi lain, anggota Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf Amin itu mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah pertanyaan dalam debat. Namun Cak Imin enggan membeberkan apa saja pertanyaan tersebut.

"Pasti sudah, tapi belum, nggak bisa diungkap," ucapnya.

Yang jelas, lanjut Panglima Santri Nusantara itu, Jokowi dan Ma`ruf siap menjawab pertanyaan yang akan diberikan baik oleh panelis maupun dari Prabowo-Sandiaga. Pihaknya juga menyiapkan tim khusus yang memberikan pendalaman kepada Jokowi-Ma`ruf untuk bisa menjawab dengan kualitas dan kapasitas yang baik. Dia meyakini akan ada banyak kejutan untuk menguji kesiapan kedua paslon dalam debat nanti.

"Pasti banyak persiapan (dan) kejutan yang menjadi cara agar pengujian kapasitas, kesiapan di antara kedua capres-cawapres ini dilakukan dengan baik," tandasnya.