Standard Post

PKB Ragukan Rekam Jejak Kandidat Wagub DKI Usulan PKS


PKBNews - KETUA Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Hasbiallah Ilyas meragukan kemampuan tiga calon Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS). Ketiga calon yang diusulkan PKS tak punya rekam jejak yang cukup. Mereka adalah Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Agung Yulianto dan Ketua Dewan Syariah (DSW) DPW PKS DKI Ahmad Suhaimi.

"Kami benar-benar enggak tahu, bagaimana mau ngomong track record," katanya, kemarin.

Menurut Hasbi, ketiganya tidak akan mampu memimpin Jakarta. Ia juga tidak tahu ketiganya tinggal dimana. Padahal untuk jadi Wagub Jakarta, mereka harus mengerti Jakarta.

"Pihaknya sama sekali tidak mengetahui rekam jejak dari ketiga kandidat yang diusulkan PKS," katanya.

Hasbi meminta agar PKS dan Gerindra menyodorkan nama lain. Dia mengusulkan agar proses pemilihan wagub oleh DPRD digelar seusai pemilihan presiden. Ia menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih mampu memimpin DKI Jakarta seorang diri.

"Lebih bagus tunggu habis Pilpres. Karena, satu pembahasan APBD sudah selesai. Kalau tinggal Pilpres kan ada APBD Perubahan. Kan sekarang gubernur bisa kok meng-handle sendiri. Ada wagub atau tidak, enggak ada masalah, kok," ujarnya.

PKS sudah mengajukan tiga nama sebagai calon wakil gubernur, yaitu Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, dan Abdurrahman Suhaimi. Ketiga calon tersebut tengah menanti proses fit and proper test yang akan diselenggarakan oleh partai pengusung, PKS dan Gerindra. Nantinya akan ada dua nama dari PKS yang bakal diajukan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies akan menyerahkan dua nama itu ke DPRD dan wagub DKI akan dipilih oleh anggota dewan melalui rapat paripurna.

 

TERKAIT

    -