Standard Post

PKB Nilai Sandiaga Cuma Seorang Follower


PKBNews - JANJI Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahudin Uno mendorong RUU Pesantren untuk segera disahkan DPR RI saat berkunjung ke pondok pesantren (ponpes) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dinilai elit Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) cuma sekadar mengikuti langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sandiaga cuma follower Jokowi, nggak punya kebijakan yang lahir murni dari dirinya sendiri. Artinya seluruh kebijakan Pak Jokowi itu, itulah yang diikuti oleh Sandi," tegas Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Abdul Kadir Karding (AKK), kemarin.

AKK mengingatkan bahwa Jokowi telah berkomitmen mendorong RUU Pesantren disahkan. Lagian, RUU tersebut merupakan inisiasi dari parpol pendukung capres petahana tersebut. Karding juga menyebut Jokowi merupakan presiden yang sangat memperhatikan pesantren.

"RUU ponpes itu diinisiasi DPR dalam hal ini terutama PKB dan PPP," ucapnya.

Dia menambahkan, "Pak Jokowi sejak awal, sejak (draft RUU Pesantren) masih di DPR sebelum dikirim ke pemerintah sudah merespon dengan positif dan baik bahkan di beberapa kunjungan pesantren yang saya ikuti, Pak Jokowi senantiasa menyampaikan UU Pesantren ini payung hukum bagi upaya kita meningkatkan kualitas dan daya saing santri ke depan."

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf Amin itu menguraikan betapa pentingnya UU Pesantren yang kini masih digodok DPR bersama pemerintah. Dengan adanya UU itu, kata AKK, pesantren akan memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

"Guru-guru kesejahteraannya terpenuhi dan juga santri yang bisa belajar dengan baik sehingga sesuai dengan visi misi Jokowi di pemerintahan berikutnya yaitu perkuat SDM tak terkecuali santri dan umat Islam maka UU pesantren jadi penting sebagai bagian komitmen kita perkuat SDM," tutur AKK.

RUU Pesantren, lanjut AKK. kerap didorong oleh Jokowi, termasuk saat bertemu dengan tokoh-tokoh agama. Dengan adanya payung hukum, negara dipastikan akan menuntaskan kewajibannya yang berimbang antara pendidikan umum dan keagamaan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Begitu juga kebijakan-kebijakan lain yang berpihak pada santri dan pesantren, madrasah dan pada PAUD. Itu yang Pak Jokowi lakukan selama ini terhadap gagasan dan dorongan beliau terhadap RUU Pesantren," katanya.

TERKAIT

    -