Standard Post

PKB Kawal Pembangunan Mitigasi Bencana Terencana


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinahkodai Abdul Muhaimin Iskandar tegaskan konsisten membangun kerja mitigasi bencana. Sebab, sebagai negara yang berada di tengah ring of fire, Indonesia membutuhkan pembangunan mitigasi bencana yang terencana.

"PKB melihat upaya penanganan bencana masih lebih fokus ke tanggap darurat dan pasca bencana. Meskipun ini penting, namun lebih penting lagi adalah konsisten membangun kerja mitigasi bencana," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Dita Indah Sari, Jumat (28/12/2018).

Dita berkata, mitigasi bencana berupa serangkaian kerja terencana dari hulu ke hilir. Menjadi keharusan di sebuah negara yang berada di tengah ring of fire penyediaan alat deteksi, operasionalnya, pemeliharaannya, pelatihan bagi warga plus tanggap daruratnya harus terpenuhi. Belum lagi rehabilitasi rekonstruksinya. Semua itu kerja sepaket.

"Memang itu paket mahal dan terus menerus, bukan paket hemat. Tapi karena ini soal nyawa ribuan orang, ya harus tersedia," katanya.

Dia menambahkan, Indonesia sudah punya 22 alat pendeteksi tsunami. Tapi rata rata rusak karena tidak ada anggaran. Atau hilang dicuri.

"Saya dengar bahkan sekarang ada alat deteksi tsunami karena sebab vulkanis, seperti yang di Banten kemarin, tapi kita belum punya," ujar Dita.

Dita menambahkan, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar sudah memerintahkan Fraksi PKB di DPR untuk mengawal anggaran bencana supaya terealisasi. Selain itu, kepala daerah dari PKB juga sudah diperintahkan untuk mengalokasikan anggaraan bencana dalam APBD nya.

"Kalau ada gempa di sekolah, harus lari kemana. Harus sembunyi di mana. Jangan cepat panik. Itu semua bisa kok diajarkan sejak kecil di sekolah."

TERKAIT

    -