Standard Post

Kang Cucun Ajak Generasi Milenial Sukseskan Pemilu 2019


PKBNEWS - KETUA Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal mengajak semua elemen masyarakat untuk memberikan dukungan kepada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) tahun 2019 yang dilaksanakan serentak agar menghasilkan demokrasi yang baik di Indonesia.

"Kalau saja kita bandingkan dengan negara maju sudah melakukan pemilu berbasis digital, misalnya benua Amerika melakukan E-Voting," kata H. Cucun Ahmad Syamsurizal di sela acara "Sosialisasi KPU RI pada kegiatan Monitoring dan Pengawasan Pelaksanaan Regulasi Kepemiluan" di Bandung, Kamis (13/12/2018).

Menurut Cucun, sangat diharapkan bahwa ke depan Indonesia harus mampu melaksanakan elektronik voting. Tujuannya, untuk efisiensi anggaran.

"Dari Pilpres, Pileg maupun Pilkades bisa dilakukan E-Voting. Kan Masyarakat Kabupaten Bandung melek terhadap teknologi," katanya.

Di negara-negara maju, kata Cucun, sudah bergerak ke arah kewajiban, bukan sebagai hak lagi.

"Bahkan, jika tidak ikut partisipasi dalam pemilu mereka tidak akan diberikan jaminan kesehatan dan ID Paspor kenegaraan untuk pergi ke luar negeri tidak bisa diperpanjang," ujar Cucun.

Tidak hanya itu, Cucun mengatakan bahwa anak muda milinial pun harus turut serta dalam pemilihan serentak yang digelar tahun 2019.

"Yuk, anak muda ikut berpartisipasi menjadi pemilih dalam pemilu serentak ini. Bahwa KPU RI dalam sosialisasi ini menginginkan semua bisa menumbuhkan demokrasi yang ada di kita," tandas Cucun.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (KPU RI) mengajak semua element masyarakat untuk turut serta menjadi agen sosialisasi pemilu.

"Jika pemilu sudah menjadi kewajiban maka semua akan turut serta mensosialisasikan," kata Tam Tamsya, Kasubag Hukum KPU Kabupaten Bandung.

Tamsya menangatakan bahwa ada regulasi pemilu kali ini para calon anggota legislatif sekaligus presiden harus terbuka dan transparan, utamanya dalam dana kampanye.

TERKAIT

    -