Standard Post

Cak Imin Berduka, Semoga 31 Pekerja yang Dibunuh di Papua Husnul Khotimah

PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sedih dan berduka atas meninggalnya 31 pekerja proyek pembangunan jembatan di Papua.

"Saya sedih dan berduka mendalam atas pembunuhan 31 pekerja di Papua, semoga husnul khotimah," katanya, Selasa (4/12/2018).

Cak Imin berharap keluarga ke-31 pekerja yang menjadi korban kelompok kriminal bersenjata (KKB) diberikan kesabaran dan ketabahan.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal memastikan pelaku penembakan 31 pekerja di Papua adalah (KKB) pimpinan Egianus Kagoya.

"Pembunuhan dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya," katanya.

Musthofa berkata, berdasarkan keterangan empat korban selamat, Pos TNI Distrik Mbuma turut menjadi sasaran KKB. Saat ini sebanyak 153 personel TNI-Polri telah dikerahkan ke Kabupaten Nduga, Distrik Yigi, untuk mengejar para pelaku penembakan.

"Dari keempat orang tersebut didapatkan keterangan bahwa Pos TNI yang berada di Distrik Mbuma telah hancur diserang. Personel gabungan TNI-Polri sebanyak 153 orang telah sampai di Distrik Mbuma, yang merupakan distrik terdekat dengan TKP," katanya.

Musthofa mengatakan, kasus penembakan terjadi saat KKB membunuh 24 pekerja proyek. Sedangkan delapan pekerja proyek lainnya melarikan diri dan bersembunyi di rumah salah satu anggota DPRD setempat.

"Delapan orang yang selamatkan diri di rumah anggota DPRD kemudian dijemput dan dibunuh. Tujuh orang meninggal dunia dan 1 orang belum ditemukan atau melarikan diri," jelasnya.

Belakangan diketahui bahwa pembunuhan itu dilakukan di Hari Papua Merdeka. Polisi kini mengejar pelaku pembunuhan tersebut.