Standard Post

Sekjen PKB Bersyukur Partainya Berada di Atas Golkar


PKBNews - SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hanif Dhakiri mengaku bersyukur PKB masuk dalam jajaran tiga besar partai yang diprediksi lolos parliamantary threshold (ambang batas parlemen).

Apalagi PKB berhasil mengalahkan Partai Golkar yang berada satu level di bawahnya. Namun, Hanif Dhakiri tetap mengintruksikan seluruh kader PKB untuk terus bekerja keras dan berinovasi.

"Kita bersyukur dan kita minta seluruh tetep bekerja keras dan berinovasi, berkerja untuk melayani dan merebut hati masyarakat untuk sebaik-baiknya," ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan itu menambahkan, pada tahun 2019, ia memastikan mesin partainya akan bekerja sesuai koridor yang telah ditetapkan yakni memenangkan paslon no urut 01 Jokowi - KH Maruf Amin.

"Jalan, mesin partai caleg jalan semua," ujar Hanif Dhakiri.

Sebelumnya Litbang Kompas merilis hasil survei mengenai elektabilitas partai politik.

Hasilnya, hanya lima partai politik yang lolos ke parlemen dan secara mengejutkan PKB berhasil menyalip posisi Golkar di urutan ke -3. Hasil survei tersebut dipublikasikan pada Selasa (23/10/2018). Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 24 September hingga 5 Oktober 2018.

Survei tersebut mengambil 1.200 responden secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat (stratified random sampling) di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error +/- 2,8 persen.

Parliamentary threshold (PT) atau ambang batas suara untuk parlemen buat Pemilu 2019 telah ditetapkan sebesar 4 persen.

Dengan demikian, menurut hasil survei ini, hanya lima partai yang lolos PT.

Berikut hasil survei Litbang Kompas:

PDIP: 29,9%
Gerindra: 16%
PKB: 6,3%
Golkar: 6,2%
Demokrat: 4,8%

TERKAIT

    -