Standard Post

Pesantren Darul Hidayah Jadi Lokasi MKK Lampung

PKBNews - DEWAN Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung kembali menggelar kegiatan Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) 2018. Kali ini MKK di tempatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hidayah, Jalan Tegal Rejo, nomor 1, Kampung Uman, kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Wakil Ketua DPW PKB Lampung, Jauharoh Haddad atau Kak Jauharoh, MKK adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun secara bergiliran di setiap kabupaten ataupun kota di Provinsi Lampung.

"Kegiatan MKK yang dilakukan PKB bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan khazanah keilmuan pesantren yang notabene telah terbukti menjadi benteng terkokoh dalam menjaga NKRI dari pemahaman keagamaan yang eksklusif dan ekstremis," tuturnya.

Kata Kak Jauharoh, dalam kegiatan MKK kali ini setiap Dewan Penguru Cabang (DPC) PKB mengirimkan 16 peserta berasal dari empat ponpes yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober – 1 November 2018.

"Ajang perlombaan ini dibagi atas usia 16-20 tahun dan 17-23 tahun untuk jenis kitab yang di perlombakan adalah Fathul Qorib, Nazhom’imrithi, Ihya ulum muddin, dan alfiyah ibnu malik dan jenis yang di lombakan Qiro’atul Kutub,dan Hifzul qutub," katanya.

Lebih lanjut, Kak Jauharoh, untuk tahun ini lokasi kegiatan di pusatkan di Kabupaten Lampung Tengah sebagai bentuk penghargaan terhadap khazanah dan eksistensi pesantren yang telah memberikan konstribusi penting terhadap perjalanan bangsa Indonesia mulai era pra-kemerdekaan sampai saat ini.

"Kegitan tersebut menindak lanjuti surat DPP PKB No 27636/DPP-03/VI /B.1/X/2018 dalam rangka peringatan Hari Santri 2018. Dalam surat tersebut pihak DPP PKB menginstruksikan kepada DPC PKB se-Provinsi Lampung agar dapat mengirimkan Peserta untuk mengikuti MKK," tandasnya.