Standard Post

LSI: PKB Kalahkan PDI Perjuangan di Jatim


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) ungguli Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dalam perebuatan suara di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Fakta tersebut diungkap dalam survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 4-14 Oktober 2018. Partai yang dinahkodai Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berhasil mengantongi suara sebesar 21,7 persen, sedangkan PDI Perjuangan 21,0 persen suara. Itu berarti, hanya selisih 0,7 persen.

Sedangkan perolehan suara partai lainnya masih terlampau jauh dengan kedua partai tersebut. Mereka adalah Partai Golkar dengan 5,2 persen suara, Partai Gerindra 4,6 persen dan partai Demokrat 3,6 persen suara.

Selanjutnya, Perindo 1,7 persen, PPP 1,7 persen, PAN 1,4 persen, Partai Nasdem 0,8 persen, PKS 0,7 persen, PBB 0,3 persen, PSI 0,3 persen, Partai Hanura 0,2 persen. Sedangkan parpol yang tak memperoleh suara sama sekali adalah partai Berkarya, partai Garuda dan PKPI.

"PKB Unggul di Provinsi Jawa Timur," ucap Peneliti Senior LSI Adjie Alfaraby dalam konferensi persnya, Jakarta, Jumat (2/11).

Itu artinya, tutur Adjie, PKB telah berhasil menggeser dominasi PDI Perjuangan. Pada Pemilu 2014 lalu partai berbasis massa Islam yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) itu kalah tipis dengan PDI Perjuangan.

"Jadi ada perubahan dan naik turunnya (kekuatan) parpol di Jatim. PKB sementara mengambil posisi pertama dari pemenang PDI Perjuangan di tahun 2014," katanya.

LSI melakukan survei pada 4-14 Oktober 2018 dengan melibatkan 600 responden pada provinsi Jawa Timur. Margin of error dalam survei ini sebesar 4,1 persen. Mereka juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif analisis media, FGD dan in depth interview.

TERKAIT

    -