Standard Post

PSI Buktikan Dulu Sebelum Bicara

PKBNews - MANUVER Partai Sosialisi Indonesia (PSI) mengungkit `dosa-dosa` partai lama terkait korupsi sebaiknya dibuktikan dengan menjadi partai berintegritas, jika lolos ke parlemen.

"PSI boleh bicara seperti itu, bagus, tapi mari kita buktikan apakah meraka mampu membuktikan? Misalnya diberi amanat oleh Allah masuk parlemen, mudah-mudahan PSI mampu menjadi partai yang berintegritas, itu aja," ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq di Jalan Karang Asem IV, Jakarta Selatan.

Menurut Maman, PKB sejak awal memiliki prinsip sebagai partai bersih. Dia menilai kasus yang sedang menimpa PDI Perjuangan atas ditangkapnya Bupati Cirebon Sunjaya itu bukan sepenuhnya salah partai.

"Kalau PKB dari awal punya mekanisme bagaimana kita menjadi partai yang bersih, akuntabilitas, transparansi, dan pertanggung jawaban menjadi nilai yang diperjuangan di PKB. Kalau masih ada 1,2,3 yang di tubuh partai seperti penangkapan kader PDIP di Cirebon, kemudian Neneng di Bekasi sebagainya, itu tidak bisa menyalahkan partai. Tetapi kita harus melakukan pengawasan seperti itu," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PSI Tsamara Amany tiba-tiba bicara tentang `dosa-dosa` partai yang sudah lama berdiri tapi masih menjadi `kebiasaan`. Setidaknya ada dua `dosa` partai lama yang disebutkan Tsamara.

Pertama, Tsamara menyinggung soal komitmen partai lama terhadap pemberantasan korupsi. Kedua, soal proses rekrutmen partai lama tak jauh dari kata `mahar politik`.

"Kita tidak tahu apa yang terjadi dan dibicarakan. Tapi kabar yang santer beredar selalu melibatkan sejumlah uang sebagai mahar," katanya.